Kapasitas Oli Mesin Veloz

Diposting pada


Kapasitas oli mesin Grand New Veloz dengan tipe  mesin 1NR-VE dan 2NR-VE sebesar 4 liter. Kapasitas oli mesin Veloz bertambah besar 0,5 liter ternyata karena ada teknologi Dual VVT-i. Teknologi VVTi menggunakan oli mesin untuk menekan VVTi actuator agar bisa bergeser, sehingga pada dual VVTi ada dua buah actuator yang memerlukan oli mesin lebih banyak.

Penggantian oli mesin harus dilakukan secara berkala sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan pabrikan. Penggantian oli sesuai jadwal pastinya akan membantu mempertahankan keawetan mesin.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix Hybrid

Kapasitas Oli Mesin Veloz

Toyota Avanza Veloz pertama kali dipamerkan pada tahun 2011. Mobil ini hadir sebagai varian tertinggi Avanza yang tampil dengan desain yang dinamis, sporty, dan modern. Kapasitas oli mesin Avanza Velos sebesar 4 liter dengan tipe mesin dual VVT-i lebih irit dan bertenaga. Perusahaan Toyota seakan ingin menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar LMPV.

Veloz 2022 memang dilahirkan dari kandungan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Berbeda dengan Avanza yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagaimana Daihatsu Xenia 2022. Generasi kedua Veloz ini memang menyuguhkan sosok yang berbeda dibandingkan Avanza, desain lebih mewah luar-dalam, dimensi juga berbeda dibandingkan model basisnya itu.

Di bagian luar, Toyota Veloz 2022 lebih panjang 80 mm dan lebih lebar 20 mm, dengan tinggi dan wheelbase serupa Avanza, plus ground clearance yang juga sama-sama 205 mm. Beberapa aksen di badan Veloz 2022 juga menampilkan sosok yang tampil lebih sporty dan gagah. Sedangkan Toyota Veloz 2022 mulai Rp 251,2 juta untuk tipe manual, tipe Q CVT Rp 272,1 juta, dan Q CVT TSS Rp 291,5 juta.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Xenia

Sejarah Perkembangan dan Spesifikasi Toyota Avanza Veloz

Generasi pertama

Avanza generasi pertama hadir sekitar tahun 2003. Pada generasi pertama ini, Avanza hanya memiliki dua tipe yaitu 1.3E dan 1.3 G dengan transmisi manual 5 speed serta satu pilihan mesin berkapasitas 1,3 liter.

All New Avanza

Kemudian pada tahun 2011, Avanza hadir dengan berbagai perubahan mulai dari tampilan interior, eksterior, dan mesinnya. Karena ada cukup banyak perubahan di generasi ini Avanza diberi nama All New Avanza. Pada periode ini, Avanza hadir dalam dua pilihan mesin yaitu kapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter. Selain itu, varian teratas dari generasi kedua juga dihadirkan dengan nama Veloz.

Varian Veloz pada generasi kedua ini menggunakan mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE dengan tenaga maksimalnya yang mencapai 102 dk pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimalnya sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm. Veloz juga hadir dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed.

Grand New Avanza

Pada tahun 2015, Toyota melakukan pembaruan dengan memisahkan Avanza dengan Veloz dengan sebutan Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Di periode ini ada cukup banyak perubahan yang dilakukan. Contohnya seperti penggunaan lampu multi-reflektor, grill baru dengan desain tebal serta bumper yang berbeda.

Grand New Veloz memiliki desain yang lebih elegan dan sporty. Dari sisi eksteriornya, tipe ini juga lebih berkarakter. Hal tersebut dapat kamu lihat dari desain grill yang lebih stylish.

Kemudian pada bagian mesinnya, Grand New Veloz menggunakan mesin DOHC 4 silinder 16-valve yang tersedia dalam dua tipe yaitu 1,3 L dan juga 1,5 L. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 96,5 PS pada putaran 6.000 rpm dan didukung dengan transmisi 5 speed. Untuk torsi maksimumnya adalah 12,3 Kg.m per 4,200 rpm.

All New Avanza dan All New Veloz 2022 (2021)

Pada November 2021, PT Toyota Astra Motor secara resmi meluncurkan LMPV All New Avanza dan All New Veloz 2022. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Veloz diperkenalkan oleh Toyota pertama kali pada tahun 2011 yaitu saat Avanza generasi kedua hadir.

Pihak Toyota menginformasikan bahwa All New Avanza dikembangkan sebagai kendaraan yang multifungsi. Sedangkan All New Veloz hadir dengan fokus pada tampilan yang lebih berani dengan sejumlah tambahan fitur. All New Veloz 2022 mempunyai dimensi yang lebih besar daripada All New Avanza yaitu panjang sekitar 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dengan jarak sumbu roda sekitar 2.750 mm.

Selain itu, Veloz 2022 ini juga mempunyai sejumlah fitur baru seperti New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch, dan MID melalui sentuhan ringan pada roda kemudi. Kemudian untuk menunjang performanya, All New Veloz pada generasi terbaru ini memiliki 3 pilihan tipe yaitu Veloz MT, Veloz Q CVT, serta tipe tertingginya yaitu Veloz Q CVT TSS.

Untuk mesinnya sendiri, mobil ini memiliki mesin 4 cylinder in-line, 16 valve DOHC with dual VVT-i. Bore dan stroke-nya mencapai 72,5 mm x 90,6 dengan isi silinder 1,496 cc. Dengan menggunakan mesin ini, daya maksimal yang dapat dicapai adalah sebesar 106 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimumnya 14 Nm di putaran 4.200 rpm. Kemudian untuk tipe transmisi yang digunakan adalah  D-CVT & Manual 5 speed, Penggerak Roda Depan (FWD).

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix

Eksterior Veloz

Toyota Veloz 2022  ini terlihat begitu futuristrik, mewah sekaligus sporty. Guna menampilkan kesan prestisius, Veloz terbaru memperoleh list krom memanjang di atas lampu utama tepat di bawah bonnetnya yang berotot. Mengenai sistem pencahayaannya, Veloz 2022 telah mengadopsi teknologi LED dengan desain pipih yang mana didalamnya juga terdapat DRL plus tambahan lampu sein LED.

Untuk grillenya sendiri berbentuk trapezoidal dengan model diamond cut. Selain itu terdapat juga foglamp di sisi kanan dan kiri dengan hiasan list krom menyerupai huruf T yang terkesan mewah. Perlu diketahui, untuk bumper ini seolah dibagi menjadi dua bilah dengan air-dam yang mengaplikasikan garis horizontal dipadukan spoiler berkelir perak sekaligus menampilkan kesan tangguh nan sporty.

Menengok sisi sampingnya, kini Veloz memiliki garis tegas yang menghubungkan lampu depan hingga lampu belakangnya. Jendela di baris ketiga menuju pilar D nya pun dibuat melandai, serta adanya tambahan roof rail di bagian atapnya. Pada spionnya, Veloz 2022 selain disematkan turn signal lamp juga mendapat tambahan kamera 360 derajat.

Untuk lingkar rodanya, Veloz 2022 Q CVT TSS diaplikasikan velg R17 inci dual-tone model palang yang terlihat begitu atraktif serta adanya tambahan rem cakram atau solid disc pada roda belakangnya. Oh iya, supaya menambah kesan agresif sekaligus sporty, mobil ini juga mendapatkan side skirt memanjang dengan warna hitam dof.

Melihat bagian belakangnya, pada stoplampnya sudah menggunakan teknologi LED dan terhubung di kedua sisinya berkat adanya garnish dengan lampu LED bar memanjang. Pada backdoor, mobil ini juga mendapatkan tulisan ‘VELOZ’ sebagai identitasnya. Untuk bumper belakang, di kedua sisinya dibenamkan reflektor yang terlihat kokoh berkat adanya tambahan underguard berkelir perak.

Interior Veloz

Low MPV andalan Toyota ini telah mendapatkan New Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio. Pada MID melalui sentuhan ringan pada lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit, serta dilengkapi Drive Mode Switch. Selain itu, Veloz Q CVT TSS juga mendapatkan New Advanced 7 Inch Digital TFT MID yang dapat menampilkan segala informasi penting mengenai status kendaraan yang disajikan secara virtual.

Pada center clusternya terkesan premium dan stylish berkat adanya beberapa material soft touch. Bagian berhasil disematkan sistem hiburan berupa head unit layar senuth 9 inci yang mendukung konektivitas smartphone serta new rear-seat entertainment.

Agar pengguna merasa lebih nyaman disaat melakukan perjanalan jauh, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional hanya dengan satu sentuhan tombol.

Terdapat pula New Push Start Button yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil. Fitur New Auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower, window jam protection, dan spion retractable. Tak hanya itu, Toyota Veloz 2022 juga mendapatkan sentuhan New Leisure Soft Pad Door Armrest with Full Grip, yang dikombinasikan dengan New Vibrant Illumination Light.

Fitur

Sebagai tipe teratas, Veloz Q CVT TSS memperoleh fitur keselamatan berupa Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), rear parking sensor, 6 airbag, rear parking sensor, all round view camera serta menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci untuk semua rodanya. Bukan hanya itu saja, demi menunjang keselamatan berkendara, remnya juga diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

Disisi lain, varian ini juga mendapatkan Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Rear Crossing Traffic Alert, hingga Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert. Tak lupa untuk untuk keamannya mendapat tambahan alarm dan immobilzer. Toyota Veloz 2022 hanya ada satu pilihan mesin, 1.5L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC. Mesin ini memiliki keluaran 103 HP dan torsi 136 Nm(1.5).

Konsumsi Bahan Bakar

Penggunaan mesin dan CVT membuat konsumsi bahan bakar Toyota Veloz 2022 juga tak berbeda jauh dengan konsumsi BBM Avanza 2022. Saat kami uji pada jarak sekitar 41 km dengan mode pengendaraan normal (tidak mengaktifkan mode Power maupun Eco), layar MID Veloz menunjukkan angka 12,9 km/liter. Kali ini kami memang tidak melewati tanjakan atau turunan, dengan medan yang relatif landai.

Prediksi kami, angka konsumsi bahan bakar ini bisa lebih baik lagi kala mode pengendaraan Eco digunakan. Apalagi dengan karakteristik CVT yang mampu menjaga putaran mesin tetap rendah di kecepatan tinggi, seharusnya Veloz mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan Avanza 2022.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Mobilio

Kelebihan Avanza Veloz

1. Memiliki desain yang lebih dinamis dan modern

Dari sisi eksteriornya, headlamp depan sudah mengusung jenis Light Emitting Diode (LED) dengan lampu turning signal dan positioning lamp. Tampilan All New Veloz juga semakin elegan dengan adanya bilah krom dari pilar A pada sisi kiri dan kanan di atas headlamp. Kemudian pada sisi interiornya, dashboard menggunakan tiga paduan warna yaitu hitam, krem, serta dilengkapi dengan ornamen silver.

2. Memiliki dimensi yang lebih besar

Jika dibandingkan dengan All New Avanza, tipe Veloz memiliki dimensi yang jauh lebih lebar. All New Avanza memiliki dimensi  panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sedangkan tipe Veloz 2022 ini mempunyai dimensi panjang sekitar 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dengan tinggi 1.700 mm.

3. Fitur yang lengkap

All New Veloz dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari fitur keamanan, kenyamanan, dan hiburan. Fitur keamanan mobil ini dilengkapi dengan fitur Sistem Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). All New Veloz juga mempunyai fitur Pedal Misoperation Control yang dapat membantu mencegah pengemudi secara tidak sengaja menginjak pedal gas.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *