Kapasitas Oli Mesin Suzuki Ignis dan New Ignis

Diposting pada


Suzuki New Ignis hadir dengan beberapa perubahan baru, Kapasitas oli mesin suzuki Ignis dan New Ignis masih tetap sama yaitu 3 liter. New Suzuki Ignis dilengkapi dengan mesin DOHC K12M tunggal dengan kapasitas 1.200 cc. Mesin kecil ini mampu memompa daya maksimum 83 HP pada putaran mesin 6.000 rpm.

Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 kecepatan dan AGS 5 kecepatan. Transmisi AGS (Auto Gear Shift) ini adalah transmisi buatan Suzuki yang memungkinkan Anda mengemudi dalam mode otomatis atau manual. Konsumsi bahan bakar dari mobil ini sangat irit, bahkan mampu menempuh jarak lebih dari 20 km untuk satu liter bahan bakar.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin XL7

Kapasitas Oli Mesin Suzuki Ignis dan New Ignis

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis merupakan salah satu produk keluaran pabrikan Suzuki dengan identitasnya sebagai city car. Mobil Suzuki Ignis diperkenalkan oleh Suzuki di tahun 2017 dan menarik perhatian dari para otolovers. Hal ini dikarenakan mobil ini memiliki dimensi yang tidak terlalu besar dan juga bobot yang ringan.

Dengan bodi yang setingkat dengan mobil LCGC biasa membuat Suzuki Ignis menjadi salah satu andalan Suzuki untuk bersaing di segmen city car. Kapasitas oli mesin  Suzuki Ignis dan New Ignis sama yaitu sebesar 3 liter. Sedangkan kapasitas oli transmisi sebesar 2,5 liter. Desain mungil dari SUV kompak ini memiliki keunggulan tersendiri ketika digunakan di jalanan perkotaan yang dinamis.

Mobil Suzuki Ignis mendapatkan facelift terakhir pada 9 April 2020 dan dikirimkan langsung dari Jepang. Tenaga Suzuki Ignis yang dihasilkan cukup baik mengingat bobot yang kurang dari 1 ton serta mesin yang efisien dan irit menggunakan K12M 1.2L 4-silinder dengan bahan bakar bensin.

Desain Eksterior Suzuki Ignis

Suzuki Ignis memiliki lengkungan besar yang tampak seru yang menyelubungi roda dan ban kurus yang terdorong keluar ke tikungan (overhang hampir tidak ada). Di samping itu ada sentuhan desain yang cukup bagus terutama adalah bagian tiga perempat belakang dengan kesan ventilasi/insang. Dapat dikatakan mobil Suzuki Ignis terlihat modern dan menyenangkan.

Interior Suzuki Ignis

Interior Suzuki Ignis tidak berbeda jauh dengan yang sebelumnya, hanya saja pelapis jok mobil diberi aksen kotak-kotak. Suzuki Ignis memiliki ukuran kabin yang sangat compact, mengingat tidak banyak ruang yang digunakan. Namun, kabin ini mampu menampung hingga 5 orang. Suzuki telah membekali banyak fitur seperti head unit berukuran 7 inci yang berada di dashboard dengan tampilan futuristik.

Pada bagian tuas kemudi disematkan juga audio switch control sehingga Anda tidak perlu menggeser tangan lebih jauh jika ingin mengubah saluran radio favorit, dan tentu saja, auto climate control sudah tersedia pada Suzuki Ignis GX. Selain itu, pada konfigurasi jok yang menggunakan 60:40 membuatnya bisa menampung barang bawan lumayan banyak walaupun terlihat bagasi kecil.

Berbicara tentang ruang kabin, Anda mungkin terkesan dengan ruang bebas dari crossover mungil ini. Dimensi kecil tidak lantas membuat ruang kabin sempit. Ruang kepala dan ruang kaki terasa luas dari barisan depan hingga barisan belakang mobil Suzuki Ignis. Kursi baris kedua juga memiliki fitur geser maju dan mundur.

Tidak banyak perbedaan interior antara versi Suzuki Ignis standar dengan Suzuki Ignis sporty, hanya eksterior saja yang terlihat perbedaannya. Dari segi interior sendiri, kelir warna didominasi red pearl ada pada versi standar selanjutnya pada versi sporty lebih di dominasi warna blue pearl.

Mesin Suzuki Ignis

Suzuki Ignis dibekali dengan mesin berkode K12M dengan kapasitas 1.2L 3 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 83 ps per 6000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm per 4200 rpm. Dengan mesin tersebut menjadikan Suzuki Ignes gesit pada saat dibawa. Suzuki Ignis memiliki 2 pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Dimana secara pastinya mengendarai mobil Suzuki Ignis dengan menggunakan kecepatan rendah masih terasa asyik.

Konsumsi Bahan bakar Suzuki Ignis

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin New Baleno

Pendapat Tentang Suzuki New Ignis

New Ignis mendapatkan pembaruan yang lebih bersifat eksternal. Dalam artian, perbedaan antara review Ignis 2020 dengan pendahulunya terletak pada desain interior serta eksteriornya. Meski keduanya sama-sama mobil yang keren, tentu saja eksterior dan interior Suzuki ignis baru menambah nilai tersendiri. Terutama bagi konsumen yang suka dengan gaya baru Suzuki Ignis sport.

Selain penyegaran di area bumper depan dan belakang, kini Anda dapat memiliki Suzuki Ignis dengan two tone color. Perpaduan warna ini adalah oranye sebagai warna dasar serta hitam di atap dan spion mobil.

Tampilan Berkelas

Dari penyegaran yang berfokus pada eksterior dan interiornya, Anda akan mendapatkan kesan lebih mewah dan modern ketimbang pendahulunya. New Ignis punya desain gril baru di bagian depan dengan model vertikal yang terasa maskulin dan dinamis. Sedangkan, pada bagian belakangnya New Ignis juga kini memiliki kesan sporty apalagi dengan rear bumper design yang baru.

Lampu depan dan belakang juga mengalami perubahan yang signifikan ketika Anda membandingkan dengan Ignis lama. Ada tambahan diffuser serta lampu reflektor baru di bagian belakang. Tak hanya itu, pada kaca belakang juga terdapat tambahan defogger, wiper dan sensor parkir yang meningkatkan kenyamanan lebih dalam berkendara.

Dengan grill depan yang kini memiliki aksen chrome, Suzuki New Ignis mengusung desain SUV Low Hatchback yang unik. Terlebih lagi, roof rail yang unik memang membuatnya terasa berbeda saat melaju di jalanan. Untuk Anda yang doyan modifikasi, New Suzuki Ignis juga menyediakan banyak ruang untuk memaksimalkan gaya sesuai dengan keinginan Anda.

Teknologi Keyless Entry

Dengan perkembangan baru di dunia otomotif, Anda tentu saja senantiasa mendapatkan penyegaran yang canggih dan modern. Tujuannya, agar Anda semakin mudah dan nyaman dalam beraktivitas menggunakan kendaraan. Kini, Suzuki New Ignis mengusung fitur keyless entry serta tombol start dan stop otomatis dalam desain terbarunya. Anda dapat menggunakan teknologi ini untuk membuka atau menutup kunci mobil dengan lebih mudah.

Fitur ini tentu saja membuat Suzuki New Ignis terasa semakin keren. Terlebih lagi, Anda hanya perlu mengantongi sebuah remote tanpa perlu kunci. Dengan begini, masuk keluar mobil akan terkesan lebih praktis dan modern. Untuk menyalakan mesin pun, Anda tidak lagi perlu memutar kunci. Yang harus Anda lakukan hanyalah menekan tombol engine dan mesin akan menyala ataupun mati secara cepat dan efektif.

Hal ini tentu saja menambah kenyamanan beraktivitas ketika Anda perlu membawa banyak barang sekaligus atau sedang berada dalam keadaan terburu-buru.

Irit Bahan bakar

Mobil Low Hatchback City Car memang punya keunggulan tersendiri dalam hal menghemat bahan bakar. Namun, Suzuki Ignis memberikan sesuatu yang lebih dari kompetitornya. Dari pengalaman pakai Ignis tipe AGS, Anda dapat menghemat BBM hingga 17,1 km per liter saat dikendarai di area perkotaan. Angka ini tentu saja terbukti lebih irit ketika Anda membandingkan Suzuki New Ignis dengan mobil selevelnya.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Jimny

CARA MERAWAT TRANSMISI AGS

Ignis menjadi salah satu andalan Suzuki untuk meramaikan segmen mobil city car di Indonesia sejak 2017 silam. Mobil city car bergaya SUV ini pun sudah mengalami penyegaran minor di eksterior dan interiornya pada tahun lalu. Selain sistem transmisi manual konvensional dengan 5 tingkat percepatan, Suzuki juga menawarkan Ignis dengan sistem transmisi Auto Gear Shift (AGS) 4 percepatan.

Sistem AGS sendiri pada dasarnya merupakan transmisi manual tanpa pedal kopling. Kerja kopling lantas digantikan oleh aktuator hidraulis yang bekerja menurut putaran mesin. Perpindahan gigi secara otomatis dilakukan oleh komponen Transmission Control Module (TCM). Ignis bertransmisi AGS ini termasuk yang disukai masyarakat perkotaan. Sebab dari segi efisiensi bahan bakar diklaim lebih hemat dibandingkan matik konvensional.

Agar transmisi AGS tetap awet,terdapat beberapa tips sederhana untuk para pemilik Suzuki Ignis. Pertama adalah sikap pengemudi saat berada di jalan menanjak atau pada kondisi macet. Sangat tidak direkomendasikan untuk mempertahankan posisi mobil dengan cara menginjak pedal gas karena berisiko merusak kopling.

Hampir sama dengan transmisi manual saat main setengah kopling. Jadi sebetulnya setengah kopling itu yang membuat kopling rusak. Kalau kopling bermasalah dalam waktu lama akan membuat AGS berkendala.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin dan Transmisi SX4 S-Cross

Perkiraan Biaya Servis Suzuki Ignis

Suzuki Ignis jadi pilihan baru mobil perkotaan selain punya dimensi mungil, juga kental nuansa crossover-nya. Dibanderol mulai dari Rp 157 sampai Rp 186 jutaan, rasanya Ignis cocok buat generasi milenial guna tunggangan sehari-hari ke kampus, sampai keluarga muda. Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui jaringan dilernya memberikan layanan purnajual berupa gratis biaya perawatan dan suku cadang pada 1.000 km atau sebulan pertama.

Selebihnya, pabrikan membebaskan ongkos jasa perawatan yang termasuk dalam skema servis berkala sampai 50.000 km atau 30 bulan. Untuk biaya sampai dengan 50.000 km biaya jasa digratiskan, mengikuti kupon free servis jasa, sesuai buku perawatan berkala yang diberikan ke pemilik. Menariknya baik transmisi manual atau otomatis, biaya servisnya sama. Saat memasuki 10.000 km atau 6 bulan, pemilik hanya harus mengeluarkan dana sekira Rp 322.850 untuk ganti oli, filter oli, dan gasket oli.

Berikutnya saat 20.000 km atau sudah 12 bulan, dana yang harus disiapkan naik dua kali lipat menjadi Rp 620.015 untuk biaya filter oli, busi, gasket oli, dan oli transmisi. Lalu ketika masuk 30.000 km atau 18 bulan, biaya servisnya sama seperti saat 10.000 km yang artinya hanya menyiapkan kocek Rp 322.850.

Namun pada 40.000 km atau 24 bulan, kocek yang disiapkan harus lebih besar lagi hingga Rp 931.756 untuk filter oli, busi, filter udara, gasket oli, ganti oli, minyak rem, air radiator, dan oli transmisi. Terakhir pada saat mobil menempuh jarak 50.000 km atau 30 bulan, pemilik bisa bernapas lega lagi karena ongkos servis balik lagi seperti 10.000 km dengan biaya Rp 322.850 untuk ganti oli, filter oli, dan gasket oli.

Ongkos servis Suzuki Ignis sampai 50.000 km atau 30 bulan tidak sampai Rp 3 juta, atau bahkan hanya Rp 2,5 jutaan.Total biaya perawatan Suzuki Ignis tipe transmisi manual sampai 50.000 km adalah Rp 2.520.320.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Suzuki APV



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *