Kapasitas Oli Mesin Suzuki APV

Diposting pada


Kapasitas oli mesin Suzuki APV saat melakukan pergantian sebanyak 3,75 liter tanpa filter oli dan 4 liter jika dengan filter oli. Ganti oli harus dilakukan secara teratur karena penggantian oli yang benar akan memperpanjang umur mesin Suzuki APV dan mencegah terjadinya kerusakan mesin.

Ganti oli sebaiknya dilakukan setiap 5.000 atau 10.000 kilometer, tergantung dari jenis oli yang dipakai. Filter oli juga sebaiknya diganti pada saat ganti oli agar oli mesin bisa mengalir dengan lancar kedalam mesin.

Baca juga: Kapasitas Oli Gardan dan Transmisi Carry Pick up

Kapasitas Oli Mesin Suzuki APV

Saat mobil masuk ke bengkel untuk perawatan, biasanya terdapat tiga jenis oli yang harus diganti. Pertama adalah oli mesin, kedua adalah oli transmisi untuk persneling dan ketiga adalah oli gardan. Jenis oli yang paling sering diganti adalah oli mesin kendaraan karena fungsinya sangat vital. Sedangkan sesudah oli mesin, biasanya yang butuh penggantian di servis berikutnya adalah oli gardan.

Soal kapan waktu ganti oli bisa dicermati melalui km nya. Kapasitas oli mesin Suzuki APV menurut buku manual sebesar 4 liter dan diganti jika sudah mencapai 10.000 km. Jarak tempuh tersebut biasanya didapatkan setiap 6 bulan sekali. Namun angka tersebut digunakan jika Anda menggunakan jenis oli full sintetik, jika oli yang digunakan mengandung campuran mineral maka hitungannya adalah setiap 5.000 km.

Kini Anda tentu tidak bingung lagi kan harus ganti oli mobil berapa km lagi. Hanya saja ada satu hal yang perlu diperhatikan juga yaitu running engine hours. Angka km yang disebutkan pada buku manual diasumsikan untuk mobil yang dikendarai secara normal.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Carry Pick Up

Tanda Mesin Harus Ganti Oli

Kinerja mesin akan semakin berat sesuai dengan bagaimana pengemudi mengendarai serta jalanan yang dilintasi. Ketika mobil sering melintasi jalan datar, maka oli mesin tidak akan sering diganti seperti mobil yang dikendarai di jalanan menanjak. Beban yang harus dijalankan mesin lebih berat ketika harus melintasi off road atau jalan menanjak.

Selain itu juga mesin mobil akan terus menyala ketika mobil berhenti karena macet dan kilometer tidak bertambah. Padahal oli mesin akan terus terus beroperasi di area yang bersuhu tinggi sebab dekat dengan ruang pembakaran. Otomatis kualitas oli akan lebih cepat menurun dan perlu penggantian meskipun kilometer belum mencapai 10.000.

Suara Kasar pada Mesin

Mencermati suara kasar yang muncul ini bisa jadi tanda penggantian oli harus segera dilakukan. Kandungan oli sudah terkontaminasi dengan kotoran serta panas dari ruang bakar. Oli yang kualitasnya sudah menurun tidak bisa meredam suara gesekan dalam mesin yang mulai beroperasi. Oleh karena itu muncul suara kasar yang mengganggu.

Warna Oli Berubah Menjadi Hitam Pekat

Tanda yang kedua adalah dengan memperhatikan fisik dari oli mobil. Kerusakan pada oli diakibatkan oleh kontaminasi dan berubah menjadi warna yang gelap bahkan cenderung pekat. Padahal oli yang kualitasnya masih bagus harusnya berwarna kuning transparan. Saat hendak mengecek kualitas oli, jangan lupa untuk menunggu mesin dingin.

Lampu Indikator Oli Sudah Pasti Menyala

Anda juga bisa memperhatikan pada bagian dashboard. Di sana ada begitu banyak ikon yang menjelaskan berbagai komponen mobil, salah satunya adalah oli. Lampu ini tidak akan menyala jika oli baru saja diganti dan kualitasnya masih baik. Ikon yang berbentuk corong dengan tetesan oli ini akan menyala ketika oli mesin sudah mulai kotor. Apabila indikator ini menyala berwarna merah, maka Anda harus segera mengecek dan menggantinya di bengkel resmi Suzuki terdekat.

Akselerasi Berat dengan Getaran Mesin yang Tinggi

Anda pasti akan merasa mobil tidak lagi bertenaga ketika digunakan untuk melaju kencang. Alasannya tentu karena kualitas oli sudah menurun. Performa mesin akan berkurang karena mesin bergesekan dengan sangat keras. Selain akselerasi terasa berat atau menurun, dari bagian mesin juga akan bergetar sangat tinggi. Anda akan merasakan getaran ini saat mesin di putaran idle.

Muncul Asap yang Berwarna Gelap dari Knalpot

Tanda ganti oli mobil yang terakhir adalah munculnya asap berwarna kehitaman dari knalpot mobil. Asap yang seharusnya berwarna transparan kini tidak normal karena oli dari dalam mesin menguap dan masuk ke dalam ruang bakar. Pada mobil yang menggunakan PVC akan memasukan gas di ruang engkol ke ruang bakar. Biasanya oli juga ikut terbakar sehingga menguap dan asap kendaraan pun berwarna pekat, baik itu putih maupun kehitaman.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Mitsubishi Outlander PHEV 7-Seater

Dampak Kekurangan Oli Mesin
  • Kurangnya volume oli mesin mobil dapat membuat komponen mesin cepat aus atau rusak.
  • Kemudian juga berpotensi menjadikan mesin mobil cepat panas atau bahkan mengalami overheat (panas berlebih).
  • Mesin mobil menjadi lebih mudah mogok.
  • Keluarnya suara kasar saat mesin hidup atau bahkan saat berjalan.
Dampak kelebihan Oli Mesin
  • Kelebihan volume oli mesin mobil juga akan membuat dampak buruk, salah satunya adalah terjadinya penurunan kualitas oli mesin mobil.
  • Menyebabkan langkah piston terasa lebih berat sehingga membuat mesin tidak maksimal dalam bekerja.
  • Mengganggu kinerja pompa oli mesin mobil dalam menghantarkan atau mendistribusikan oli ke semua bagian mesin.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Innova Hybrid

Suzuki APV

Suzuki Indonesia tersedia dalam berbagai varian, di antaranya; APV Arena; GL, GX, SGX dan Luxury. Pada sisi tampilan interior, dan juga eksterior didesain untuk menunjukkan kenyamanan dan memberikan kesan mewah dan untuk performa mesinnya juga telah memenuhi kebutuhan dan harapan bagi pemakainya. Kendaraan MPV ini dapat menampung 8 penumpang dan dibekali dengan fitur-fitur modern yang lebih unggul.

Jadi cocok sebagai mobil keluarga yang sangat dapat diandalkan untuk segala macam kebutuhan. Sebenarnya Suzuki APV Arena ini memiliki desain yang lebih ekslusif daripada Daihatsu Grand Max. Namun untuk dapur pacunya dan kemampuan bermanuver tidak berbeda jauh. Dengan memiliki Body yang didesain cukup tinggi dengan kabin yang cukup luas.

Jika tempat duduk pada baris kedua dan ketiga dilipat membuat ruangan di dalam cukup luas sehingga akan lebih terasa nyaman ketika bepergian jauh bersama keluarga. Suzuki APV Arena tersedia dalam 5 warna, diantaranya adalah Burgundy Pearl (Ungu), Cool Black Metallic (Hitam), Silky Silver Metallic (Silver), Graphite Grey Metallic (Abu-abu), Radiant Red (Merah).

Eksterior

Sebagai mobil MPV (multi purpose vehicle), Suzuki APV Arena ini memiliki dimensi panjang 4.225 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.855 mm dan bobotnya 1.325 kg dan mobil ini dapat menmpung hingga 8 penumpang. Oleh karena itu mobil ini terlihat lebih cocok untuk mobil keluarga. Untuk tampilan desain eksterior dari spesifikasi Suzuki APV Arena ini didesain cukup sederhana tetapi itu tetap memperlihatkan kesan yang cukup menawan.

Pihak Suzuki melakukan beberapa perubahan dari varian sebelumnya, yaitu dengan menampilkan desain baru head lamp yang lebih besar dengan multireflektor dan untuk desain Front Bumper dan Grille, Backdoor Garnish dan Rear Lamp, lampu kabut ditempatkan di bagian bumper (tipe SGX & GX).

Selain itu, juga sudah terdapat Door Mirror dengan adjustable (SGX dan GX) yang dilengkapi electric foldable (SGX) dan desain baru wiper belakang/rear wiper yang tampak terlihat lebih modern. Kemudian pada sisi bagian samping terdapat lampu sein pada bagian spionnya dan memiliki tonjolan garis pada bagian bawahnya dari depan sampai dengan belakang dan aksen rear spoiler nya yang berukuran sedang memberikan kesan sporty dan memiliki bumper belakang yang terlihat kokoh.

Interior

Tampilan desain interior Suzuki APV Arena yang diusungnya menggunakan material interior yang cukup berkualitas dan memiliki tempat duduk berdesain “Captain Seat” yang akan memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan. Selain itu, pihak Suzuki juga telah menempatkan sebuah istrumen panel speedometer dengan kesan warna yang agak gelap untuk tipe GL dan warna silver pada tipe GX. Kemudian terdapat AC roof compartment berteknologikan double blower dan hiburan audio yang akan memanjakan telinga para penumpang dengan kualitas yang cukup jernih dan memberikan kesejukan yang lebih.

Untuk tempat penyimpanan pun akan memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil dan untuk kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat. Hal ini akan memberikan kemudahan dan keefisienan tempat dalam menyimpan barang bawaan saat dalam perjalanan jauh. Beberapa panel bagian depan juga tampak futuristik dan lengkap memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam mengaktifkan fitur yang ada.

Mesin

Untuk dapur pacunya, mobil minivan dengan konsep MPV ini telah mengusung jenis mesin G15A yang memiliki kapasitas 1500 cc yang memiliki 4 silinder, 16 katup berkapasitas 1.5 liter serta memiliki diametar kali langkah sebesar 75.0 x 84.5 mm. Untuk akselerasi pada mobil ini diklaim cukup tangguh karena perbandingan rasio kompresi sebesar 9.5 : 1 yang dapat menegeluarkan tenaga maksimal 105 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi maksimal dapat mencapai 126 Nm pada 3.000 RPM.

fitur

Suzuki APV Arena ini mengusung beberapa fitur pendukung sangat bermanfaat dan dapat diandalkan untuk menunjang segala aspek yang dimiliki oleh spesifikasi Suzuki APV Arena ini. Seperti : terdapat sebuah fitur keselamatan Teknologi TEC yang akan memberikan perlindungan saat mengalamai benturan keras akibat kecelakaan atau dapat membuat redaman energi benturan menjadi lebih kecil dan juga dilengkapi dengan Seat Belt ELR (Emergency Lock Retractor) yang akan melindungi saat adanya benturan yang cukup keras di bagian depan.

Kemudian ada juga Height Adjuster yang terdapat pada kursi bagian depan untuk mengatur ketinggian yang diinginkan, fitur Keyless Entry with Alarm yang dapat mencegah dari risiko terjadinya pencurian. Selain itu, juga tersedia fitur Side Impact Beam untuk mengurangi terjadinya kerusakan parah saat terjadi benturan keras untuk sisi bagian sampingnya.

Konsumsi Bahan Bakar

Untuk sistem penyuplai bahan bakarnya, mobil  Suzuki APV Arena ini telah berbasis Multipoint Injection yang dapat memberikan performa optimal dan mampu membuat kapasitas bensin sebesar 46 Liter terkesan lebih irit. Selain itu, mobil Suzuki APV Arena juga akan menawarkan 2 pilihan transmisi manual 5 percepatan dan juga transmisi otomatis 4 percepatan untuk memberikan performa terbaik dari tenaga tersebut.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda HR-V Turbo

Merk Oli Terbaik Suzuki APV

Suzuki APV memiliki kapasitas oli 3.75 liter tanpa penggantian oil filter. Jika menggunakan filter oil, maka kapasitas oli APV yang dibutuhkan adalah 4 liter. Oli yang cocok untuk mobil APV adalah oli dengan tingkat kekentalan 5w – 30. Beberapa merk oli yang cocok untuk APV antara lain:

  • Ecstar 5w – 30 (Rp. 320.000)
  • Mobil 1 sae 5w – 30 (Rp. 220.000)
  • Ineo Synthetic (Rp. 155.000)
  • Shell Helix (Rp. 112.000)
  • Top 1 HP 5W – 30 (Rp. 380.000)

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Hyundai Stargazer



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *