Kapasitas Oli Mesin Mobilio

Diposting pada


Kapasitas oli mesin Honda Mobilio tanpa filter dan saat ganti filter tentunya berbeda. Kapasitas oli mesin Mobilio adalah 3,4 liter tanpa mengganti filter oli dan 3,6 liter jika dengan penggantian filter oli. Waktu mengganti oli pada mobil harus selalu diperhatikan untuk menjaga mobil selalu dalam kondisi prima.

Mobil Honda Mobilio generasi pertama diproduksi dari tahun 2001 sampai tahun 2008. Ini merupakan model kedua dalam seri Small Max Honda dan juga mengadopsi Global Small Platform Honda dan mesin i-DSI mereka.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R

Kapasitas Oli Mesin Mobilio

Honda Mobilio menawarkan kabin yang lapang dan pengendaraan yang nyaman di jalanan perkotaan sebagai MPV kompak. Tiga pilihan varian bisa didapatkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Harga Honda Mobilio 2020 dimulai dari Rp205 jutaan untuk Honda Mobilio S MT yang menjadi entry level hingga Rp261 jutaan bagi Honda Mobilio RS CVT yang mendapatkan berbagai fitur paling lengkap sebagai varian tertinggi.

Honda Mobilio merupakan pesaing yang cukup diperhitungkan di pasar MPV kompak di Indonesia. Honda Mobilio mendapatkan facelift pada 21 Februari 2019 silam. Selain Indonesia, Honda Mobilio sebagai MPV Segmen C juga dirakit di pabrik Honda di India dan Thailand. Ada dua pilihan mesin bensin dan diesel. Namun yang dibawa ke Indonesia hanya Honda Mobilio bermesin bensin L15Z1 1.5L 4-silinder berteknologi i-VTEC dengan kapasitas oli mesin Mobilio sebesar 3,6 liter.

Perjalanan karir Honda Mobilio telah dimulai sejak 2014 silam. Sejak perkenalan perdana, Honda Mobilio sudah menarik perhatian, tak ayal jika angka penjualannya terbilang tinggi. Desain yang stylish dipadu kapasitas penumpang yang banyak menjadi nilai jualnya.

Sepanjang sejarah perjalanan Honda Mobilio, terdapat dua versi facelift yang pernah dilakukan oleh Honda Mobilio. Versi pertama dilakukan di tahun 2017 dan di tahun 2019. Peremajaan pada mobil yang satu basis dengan Honda Brio dan Honda BR-V ini kebanyakan fokus pada sisi eksterior dan interior saja.

Eksterior Honda Mobilio

Sebagai mobil berjenis MPV, New Honda Mobilio 2020 memiliki dimensi panjang 4.398 mm, lebar 1.683 mm dan tinggi 1.603 mm. Sedangkan untuk wheelbase atau kerap disebut jarak sumbu roda, New Honda Mobilio 2020 memiliki dimensi 2.650 mm. Yang cukup menarik yakni New Honda Mobilio 2020 memiliki profil ground clearance pada angka 189 mm. Artinya, dengan ground clearance tersebut masih nyaman untuk diajak melewati jalan sedikit terjal dan berkerikil ringan.

Melihat bagian depannya, New Honda Mobilio 2020 telah dibekali dengan New Projector Headlamp yang dipadu dengan hadirnya LED Daytime Running Light. Design grille yang lebih solid serta identitas logo Honda pada bagian tengahnya mempertegas bahwa inilah produk Honda yang terkini.

Beralih ke bagian belakang, New Honda Mobilio 2020 pun disematkan New Rear Under Spoiler yang mendukung tampilan terlihat sporty. Sedangkan ketika melihat dari sisi samping, Honda Mobilio terbaru menawarkan bodi yang aerodinamis.

Interior Honda Mobilio

Masuk ke dalam interior, tak kalah menariknya. Semua varian New Mobilio dilengkapi dengan Meter Cluster with MID yang membantu para pengemudi untuk mendapatkan informasi berbagai hal, seperti jarak perjalanan, konsumsi bahan bakar dan waktu. Khusus varian New Honda Mobilio E, head unit berukuran 6,2 inci pun dibenamkan berbagai fitur entertainment.

Mulai dari fitur Radio, Bluetooth hingga koneksi dengan smartphone bisa dilakukan. Berkat fitur entertainment ini, tentunya New Honda Mobilio bisa menyajikan beragam hiburan selama perjalanan. Sedangkan varian tertinggi New Honda Mobilio RS dilengkapi dengan head unit berukuran 8 inci berteknologi Capacitive Touchscreen plus fitur Radio, USB, iPod, Aux-in serta Bluetooth dan smartphone connection.

Sisi menarik lainnya, New Honda Mobilio menawarkan kabin yang luas serta kenyamanan ekstra bagi pengemudi dan awak penumpang kabin.

Fitur Keselamatan Honda Mobilio

Tak perlu khawatir ketika Anda berkendara dengan New Honda Mobilio. Pasalnya, pihak pabrikan telah memberikan fitur keselamatan yang berperan untuk melindungi Anda dan anggota keluarga ketika berkendara. Mobilio mengandalkan Dual SRS Airbag, tersedia fitur G-Con + ACE TM with Side Impact Beam yang siap memberikan ekstra perlindungan ketika terjadi benturan. Selain itu, tersedia juga fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang berperan untuk mencegah rem mengunci ketika melakukan pengereman.

Selain itu, New Honda Mobilio juga memiliki fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang bertujuan mengatur tingkat kepakeman rem. Cara kerja EBD berhubungan dengan ABS, yang akan aktif saat sensor membaca ada salah satu roda membutuhkan tekanan rem lebih besar ketimbang roda lainnya. Ilustrasinya saat mobil bermanuver menikung ke kiri, maka peran EBD akan mengatur tekanan rem pada roda sebelah kanan akan lebih besar ketimbang sebelah kiri. Sehingga dapat membantu pengemudi untuk dapat lebih safety ketika berkendara.

Tersedia juga fitur Keyless Entry dan Immobilizer. New Mobilio fitur Immobilizer berfungsi sebagai fitur keamanan. Karena sistem ini terdiri dari sebuah transponder yang berada di dalam kunci kontak, immobilizer unit dan ECU kendaraan.

Mesin Honda Mobilio

Bicara dapur pacu, New Honda Mobilio terbaru didukung mesin 1.496 cc 4 silinder segaris dan 16 katup dengan teknologi mesin i-VTEC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 118 PS pada putaran mesin 6,000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4,600 rpm.

New Honda Mobilio tersedia dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan CVT yang berteknologi Earth Dreams Technology yang menyuguhkan teknologi terbaik dari sisi performa yang bagus serta konsumsi bahan bakar yang baik.

Berdasarkan tes pengujian yang dilakukan media di Indonesia, New Honda Mobilio 2020 bisa menghasilkan 22,8 km/liter dengan penggunaan di jalanan perkotaan. Adapun rekor kemampuan New Honda Mobilio 2020 bisa dicapai hingga 28 km/liter ketika pengetesan di jalanan tol. Impresif untuk mobil yang masuk ke dalam segmen low MPV ini.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Karimun Wagon

Kelebihan Honda Mobilio

  • Desain interior modern dan mewah. Kabin Honda Mobilio dilengkapi dengan kursi semi-bucket ergonomis yang sangat nyaman untuk pengemudi dan penumpang. Kursi dibuat dari bahan berkualitas dan bisa dilipat dengan satu sentuhan.
  • Kabin mobil lebih luas dan lapang, mampu menampung banyak penumpang dan barang secara fleksibel. Pandangan depan juga menjadi lebih luas.
  • Irit bahan bakar. Honda Mobilio memiliki mesin berkapasitas 1,5 Liter, i-VTEC SOHC 4 silinder segaris dengan 16 katup, mampu menghasilkan daya sebesar 118 PS dengan torsi maksimum 14.8 kg.m. Ini mendukung performa tinggi mobil di segala jenis medan. Honda juga membenamkan bermacam fitur seperti CVT (Continuous Variable Transmission), Torque Boost Resonator, Eco Indicator, Drive by Wire, Radius Putar, dan Grade Logic Control & Shift Hold Control.
  • Ground clearance tinggi, 189 mm, sangat cocok untuk tipe jalanan di Indonesia. Honda Mobilio mengunakan sistem penggerak roda depan, membuat getaran menjadi lebih minim di barisan kursi kedua dan ketiga. Penggerak roda depan ini memang lebih dikhususkan untuk mobil perkotaan.
  • Fitur keamanan dan keselamatan tinggi, dilengkapi sistem Dual SRS Air Bag, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), alarm mobil, dan immobiliser kunci.
  • Spare part mudah dan murah. Ada Paket Cermat yang diberikan pada pemilik Honda Mobilio sehingga biaya perawatan pun mudah. Bengkel Honda ada di mana-mana dan bengkel umum yang bisa menangani Honda juga tersebar di semua kota.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Suzuki Ignis dan New Ignis

Tips Perawatan Oli Mobil Honda Mobilio

Agar performa mesin tetap terjaga, pemilik Honda Mobilio disarankan untuk melakukan perawatan rutin yang sebenarnya tidak terlalu susah dan bisa dilakukan siapa saja.

1. Mengganti oli secara teratur

Kunci perawatan oli pertama adalah menggantikan oli secara teratur sesuai jadwal yang dianut, baik itu berdasarkan jarak temput (3000-5000 km) ataupun running hours.

2. Memeriksa cairan radiator

Cairan radiator memiliki fungsi menetralisir suhu panas di dalam mesin sambil mendinginkan suhu di sana. Bila air radiator jarang dicek dan habis, maka ini bisa berdampak buruk pada mesin. Mesin bisa rusak dan ini bisa mengancam keselamatan pengendara. Lakukan pemeriksaan air radiator ini secara berkala.

3. Membersihkan filter karburasi

Filter karburasi jangan sampai lupa diperiksa karena bila lalai maka mobil bisa sulit dihidupkan. Bersihkan kotoran dan kerak dari filter menggunakan sikat bulu yang tak terlalu keras. Jangan menggunakan kompresor atau hair dryer untuk membersihkan filter karburasi karena lapisan filter karburasi bisa rusak.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin New Baleno

Jenis Oli Mobilio Terbaik

Mobilio memiliki beberapa type mesin yang berbeda namun keseluruhan mobil Mobilio ini memiliki penyaluran tenaga yang halus. Hal ini karena teknologi mesinnya yang bagus. Honda Mobilio juga membutuhkan oli dengan SAE rendah untuk fungsi pelumasan terbaik. Oli ini adalah oli resmi yang dikeluarkan oleh Honda. Oli ini memiliki jenis full synthetis yang dapat memberi proteksi pada ruang mesin dan memaksimalkan efisiensi dari pemakaian bahan bakar kendaraan.

  • Honda AutoMobile E-Pro Turbo SAE 0W – 20 ( Rp.  560.000/ 4 Liter )

Pelumas Mobilio yang satu ini juga termasuk pelumas resmi yang dikeluarkan oleh Honda. Beberapa keunggulan dari oli ini adalah mampu membersihkan mesin kendaraan dari sisa pembakaran bahan bakar dan memberikan perlindungan terhadap gesekan.

  • Honda Automobile E-Pro Blue SAE 5W – 30 ( Rp. 440.000/ 4 Liter )

Oli ini menggunakan teknologi khusus untuk melakukan proteksi mesin dan berupaya untuk memberikan keefisiensi pengguna dalam berkendara. Dalam oli ini juga terdapt beberapa teknologi tambahan yang memungkinkan untuk menjag stabilitas mesin agar tetap baik.

  • Honda Automobile E-Pro Green Sae 10W – 30 ( Rp. 350.000/ 4 Liter )

Oli ini termasuk jenis pelumas full sintetis yang cocok dipakai untuk semua jenis mobil Honda terutama Mobilio. Oli ini juga dirancang untuk memberikan perlindungan pada mesin kendaraan dan menjaga ruang mesin agar tetap bersih.

  • Top 1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W – 20 ( Rp. 300.000/ 3,5 Liter )

HP Sport Fully Synthetic memiliki standar internasional yang dapat digunakan untuk mobil Honda Mobilio Anda. Pelumas ini juga merupakan oli full sintetik kualitas terbaik yang dapat menciptakan kestabilan mesin yang sempurna. Oli ini juga dapat mengoptimalkan kerja mesin kendaraan.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin dan Transmisi SX4 S-Cross

Ciri Ciri Oli Mesin Mobil Harus Ganti

  • Lampu indikator oli menyala

Pada dashboard mobil anda, anda akan melihat banyak sekali lampu indikator, dan semua lampu indikator tersebut akan menyala beberapa saat saat kunci kontak ON. Salah satunya lampu indikator oli mesin, indikator ini berbentuk corong oli (dengan tetesan oli) berwarna kuning. Apabila lampu indikator ini tiba-tiba menyala, maka itu tandanya ada masalah pada sistem pelumas mesin.

  • Ada suara kasar saat awal start

Oli itu terbuat dari bahan sintesis yang mampu melapisi dua komponen mesin yang saling bergesekan. Sehingga komponen tersebut tidak secara langsung bergesekan, melainkan ada lapisan oli sebagai layer yang memisahkan dua komponen tersebut. Itulah sebabnya, oli juga bisa meredam suara gesekan antar komponen mesin. Namun seiring oli bekerja, kualitas oli akan menurun karena kandungan dalam oli akan semakin terkontaminasi oleh panas dan deposit dari ruang bakar.

Imbas lain dari oli yang sering digunakan adalah kondisi fisiknya. Oli yang sudah terkontaminasi panas dan deposit akan berubah warnanya menjadi lebih gelap dan hitam dari warna awal oli coklat kekuningan. Ini juga menjadi salah satu tanda bahwa oli mobil anda harus segera diganti.

  • Asap mobil yang sedikit berwarna

Asap mobil yang normal itu tidak berwarna alias transparan. Kalau asap kendaraan sedikit berwarna bisa jadi itu berasal dari oli yang menguap dan ikut terbakar didalam ruang bakar. Mesin-mesin sekarang sudah dilengkapi PCV yang akan menyalurkan gas didalam ruang engkol kedalam intake manifold untuk dibakar didalam ruang bakar.

Tugas oli itu melumasi atau sebagai lapisan antar komponen didalam mesin, sifat oli yang licin juga membuat semua komponen didalam mesin menjadi sangat ringan untuk bergerak. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran mesin bisa sepenuhnya dikonversi untuk menggerakan roda.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Daihatsu Rocky 1.2



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *