Kapasitas Oli Mesin Land Cruiser

Diposting pada


Kapasitas oli mesin Toyota Land Cruiser cukup besar, yaitu 9 liter tanpa filter dan 9,3 liter dengan filter oli. Land Cruiser ini masih menggunakan mesin diesel konvensional non-commonrail (direct injection) yang tahan dengan kualitas solar subsidi. Ketahanan sparepart juga handal, apalagi suspensinya masih rigid, dan tanpa air suspension seperti di VX100.

Versi Land Cruiser yang sangat digemari berbagai kalangan adalah VX80 (manual) atau VXR (matic). Dengan body jumbo dan bobot yang lebih dari 2 ton, Land Cruiser dibekali dengan mesin diesel turbo berkapasitas 4200 cc dengan 6 silinder. Untuk kapasitas oli mesin bisa mencapai 8 hingga 9 liter.

Toyota Land Cruiser adalah Sport Utility Vehicle (SUV) yang paling lama yang diproduksi oleh Toyota. Mobil ini pertama kali muncul pada tahun 1954 dan langsung menjadi kendaraan favorit banyak tokoh dunia. Mobil Toyota Land Cruiser tersedia dalam 2 varian, yakni Toyota Land Cruiser VX Grade dan VX-R. Toyota Land Cruiser harganya berkisar dari Rp 2,18 Miliar hingga Rp Rp 2,52 Milyar.

Di Indonesia sendiri, Toyota Land Cruiser dikenal sebagai SUV tangguh yang memancarkan kesan mewah dan gagah. Kemampuan off road yang dimilikinya juga membuat mobil ini sangat digemari para pecinta off road. Banyak yang belum tahu kalau SUV bermesin diesel ini merupakan pengembangan dari blue print Jeep Willys yang dikenal sebagai kendaraan perang pada Perang Dunia II.

Saat ini di Indonesia, Toyota Land Cruiser dipasarkan dalam dua varian berbeda, yakni Toyota Land Cruiser 200 STD Spec A/T Diesel dan Toyota Land Cruiser 200 Full Spec A/T Diesel yang juga dikenal dengan sebutan Toyota Land Cruiser VX dan Toyota Land Cruiser VXR. Kapasitas oli mesin Toyota Land Cruiser sebesar 9 liter tanpa filter oli dan 9,3 liter dengan filter oli.

Toyota Land Cruiser bisa dibilang merupakan SUV legendaris Toyota yang tetap kokoh bersanding dengan SUV premium lain. Dari masa ke masa, hingga akhirnya generasi kesembilan dibawa pada 2007 silam, Land Cruiser masih menawarkan desain gagah dan rasa berkendara yang tangguh. Nama besar Land Cruiser sendiri sudah tercipta ketika generasi pertama diperkenalkan tahun 1951.

Popularitasnya pun semakin tinggi ketika generasi ketiga bertajuk Land Cruiser FJ40 meluncur di era 60-an. Mobil bekasnya pun masih banyak dicari hingga saat ini. Tapi yang paling terkenal tentu saja Toyota VX dengan model Land Cruiser VX 80 yang diset sebagai mobil off-road yang fasionable, jelas Toyota. Sudunya dibuat membulat dengan paduan suspensi per keong serta 3 pilihan mesin, yaitu 3F-E (bensin), 1HD-T (diesel), dan 1HZ.

Pada generasi kedelapan dengan kode J100, Toyota mengubah tampilan dan preferensi Land Cruiser menjadi SUV premium yang nyaman di dua ‘alam’; tangguh di jalanan off-road namun tetap menyenangkan dibawa di jalanan perkotaan. Terakhir, mobil Land Cruiser saat ini masuk dalam generasi kesembilan dengan kode J200. Versi facelift diperkenalkan pada 2016 silam. Dan sejak saat itu, belum ada revisi model baru dari dua varian Land Cruiser.

Bukan Land Cruiser namanya kalau tidak menawarkan tampilan yang gagah dan macho sebagai satu-satunya SUV premium Toyota di Indonesia. Desain luarnya memang tanpa banyak aksen, garis bodi yang tegas, serta tampilannya yang kaku dan sedikit mengkotak. Fascia depan terasa maskulin dengan tiga baris grille tebal serta aksen chrome.

Ada lampu depan yang dibuat persegi berteknologi LED otomatis ditambah lampu kabut yang dibuat lebih minimalis dibandingkan generasi sebelumnya. Karena dipasarkan untuk pengendaraan di medan off-road dan jalanan bergelombang, desain depannya kaku dengan bumper bawah yang tegas. Ditambah skid plate yang akan menjaga fascia depan ketika menghadang medan kasar.

Beralih ke samping, Toyota Land Cruiser dilengkapi foot step mengingat ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 226 mm. Selain itu, tidak ada aksen unit pada bagian samping selain roof rail yang memberikan kesan sporty serta menambah kepraktisan bagi yang ingin membawa barang di atas atap. Tampilan belakangnya tak mendapatkan banyak perubahan dibandingkan generasi sebelumnya.

Dilengkapi dengan spoiler belakang pada bagian atas, lampu belakang yang besar memudahkan ketika berkendara di malam hari. Terdapat bilah chrome dengan ukiran nama Land Cruiser sebagai penghias pada bagian tengah pintu bagasi. Untuk kemudahan dalam membuka pintu bagasi, Land Cruiser sudah dilengkapi Power Back Door dengan bukaan otomatis.

Interior
Dominasi warna hitam langsung menyapa pada interior Toyota Land Cruiser 2020. Kabin dan jok menawarkan warna yang senada. Kekedapan kabin bisa dibilang sangat baik dengan kesan mewah jelas terasa ketika duduk di dalam mobil. Dashboard Land Cruiser cukup bersahaja dengan layar sentuh 9 inci yang terintegrasi.

Fitur di dalamnya termasuk sistem navigasi Toyota’s Enture App, sistem Bluetooth dan streaming audio, slot HMDI, serta Siri Eyes Free Control dan USB-iPhone. Kabin Land Cruiser bisa menampung hingga 8 orang termasuk pengemudi dengan nyaman. Dimensinya yang besar didukung wheelbase yang panjang sangat berpengaruh pada ruang kaki yang lapang di dalam mobil.

Setir sudah mendapatkan pengaturan tilt dan teleskopik yang akan memudahkan pengemudi mendapatkan posisi ternyaman ketika berkendara. Setir palang empat Toyota Land Cruiser dilengkapi tombol multi-fungsi untuk mengakses sebagian fitur di dalam mobil. Kenyamanan terasa sangat baik mengingat Toyota menanamkan sistem pengaturan 10 arah pada kursi pengemudi disertai fitur memori.

Terdapat heater pada baris depan, sedangkan penumpang di belakang dimanjakan dengan automatic climate control 4-zone. Bagasi belakang tidak bisa dikatakan luas. namun, masih sanggup menampung barang bawaan ketika melakukan perjalanan jauh. Untuk mendapatkan ruang yang lebih luas, kursi baris ketiga dengan pengaturan 50:50 bisa direbahkan.

Mesin

Sejak tahun 2007 silam, tidak ada perubahan dari teknologi mesin yang digunakan SUV legendaris ini. Toyota Land Cruiser memang masih menggunakan mesin model lama berkode 1VD-FTV berkapasitas 4.451 cc V8 dengan 32 katup serta teknologi DOHC. Kapasitas oli mesin Land Cruiser sebesar 9 liter tanpa filter oli dan 9,3 liter dengan filter oli dengan tenaga maksimal hingga 235 PS pada putaran mesin 3.200 rpm.

Kemudia torsi hingga 615 Nm pada putaran 1.800-2.200 rpm yang cukup untuk membawa mobil ini menembus segala medan. Tenaga disalurkan ke semua roda menggunakan sistem penggerak empat roda full time Toyota. Sistem ini sudah dilengkapi dengan Torsen limited slip differential pada bagian tengah yang akan mendistribusikan torsi 40:60 (depan:belakang) dalam kondisi berkendara normal.

Berkendara bersama Toyota Land Cruiser tak pernah membosankan. Terlebih dengan semua perlengkapannya membuat SUV tangguh ini tetap menyenangkan ketika dibawa ke medan kasar nan bergelombang atau jalanan perkotaan. Posisi jok yang tinggi dengan visibilitas yang luas memberikan kemudahan ketika berada di belakang kemudi. Hal ini dibantu dengan sistem pengaturan 10 arah pada jok depan guna mendapatkan posisi berkendara yang sesuai dengan masing-masing pengemudi.

Tenaga dan torsi yang besar sangat mempengaruhi kenyamanan ketika membawa Land Cruiser di jalanan menanjak. Terdapat transfer case mekanik yang bisa disesuaikan dengan kontur jalan serta kebutuhan pada saat berkendara: jalanan mulus atau bergelombang. Ditugaskan untuk perjalanan off-road yang menyenangkan, Toyota Land Cruiser juga sudah dilengkapi dengan Crawl Control.

Sistem ini akan mendukung pengemudi mendapatkan kecepatan yang konstan ketika berkendara pada medan pasir, bebatuan, lumpur, dan kerikil. Karena bodinya yang berat dan besar, tentu saja body roll cukup terasa ketika memacu mobil ini cukup kencang. Tapi hal tersebut sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Konsumsi Bahan Bakar

Dari spesifikasi yang diberikan, mesin Land Cruiser sudah mendapatkan teknologi generasi ketiga Common Rail dengan Twin-Turbo dan VVT (Variable Valve Timing) milik Toyota yang memberikan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Tapi jangan harapkan konsumsi bahan bakarnya bisa setara dengan MPV atau SUV perkotaan lainnya.

Pasalnya bobot yang berat, mencapai 2.6 ton, serta tenaga turbo yang dibawa saat mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Apalagi ketika dibawa di jalanan off-road yang membutuhkan mesin yang bertenaga. Tapi Anda bisa memilih dari beberapa mode berkendara yang diberikan. Mode berkendara ECO akan memaksimalkan putaran mesin serta meningkatkan efisiensi.

Cukup berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang sedikit lebih irit. Karena itu, beberapa pengujian media menyebutkan konsumsi bbm Toyota Land Cruiser hanya mencapai 7-10 km/L.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin BZ4X

Cara Mengukur Level Volume Oli

Oli mobil merupakan salah satu bagian mobil yang paling penting untuk berbagai jenis kendaraan. Salah satunya adalah untuk mobil matic. Namun, salah satu yang penting dan kerap dilupakan adalah cara mengukur volume oli mobil matic. Pasalnya, masih banyak yang kerap melupakan pemeriksaan oli mobil ini dan membuat volumenya berkurang menjadi salah satu hal yang sering terjadi pada mobil.

1. Melalui transmisi

Nyalakan mesin dengan kondisi mesin idle. Tarik masing-masing transmisi selama dua detik. Cara ini untuk menentukan solenoid atau body valve apakah volume oli mobil sudah berada dalam kondisi yang baik. Pengecekan ini bisa menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kondisi oli transmisi, apakah dapat berjalan dengan baik atau tidak.

2. Mengukur volume oli

Kedua, pemeriksaan volume oli mobil matic dilakukan dengan menyabut, dipstick oli transmisi . Lanjutkan dengan membersihkan ujung yang tercelup oli. Ketika sudah bersih, tempatkan kembali dipstick ke dalam posisinya. Lalu, lanjutkan tarik kembali dan baca level oli. Dari sinilah ketika bisa melihat level oli saat kondisi panas dan dingin, hingga apakah berada dalam kondisi Low dan Full di posisi Hot.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Alphard

Fakta Tentang Land Cruiser

SUV Mewah

Dikenal sebagai pabrikan penghasil mobil kelas menengah, Toyota Land Cruiser hadir sebagai pilihan SUV tangguh namun dengan kesan premium yang mewah. Awalnya digunakan untuk keperluan militer, Land Cruiser FJ40 mulai dibuat elegan untuk pengendaraan sehari-hari perkotaan. Namun yang paling terkenal tentu saja Toyota Land Cruiser XV 80 yang diset sebagai SUV off-road yang fashionable namun tetap nyaman dikendarai.

Dan saat ini, DNA SUV mewah Land Cruiser 2020 ditawarkan dalam 2 tipe, 200 STD Spec dan 200 Full Spec. Kedua varian mobil Toyota Land Cruiser sama-sama menggunakan mesin 1 VD-FTV V8 32 katup DOHC berbahan bakar diesel yang bertenaga. Keluaran tenaganya tercatat 232 hp dan torsi buas mencapai 615 Nm. Semuanya disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 6-percepatan Triptonic.

Mesin Tangguh

Keunggulan utama Toyota Land Cruiser adalah mesin yang tangguh serta siap dibawa ke mana saja. Performa berkendara yang bertenaga dan tahan lama, mobil bekas Land Cruiser dengan umur puluhan tahun masih banyak dicari hingga saat ini. Dimensinya yang besar membuatnya memberikan ruang kabin yang lapang.

Belum lagi ground clearance Land Cruiser 2020 mencapai 226 mm memudahkan mobil ini ketika melaju di jalanan yang bergelombang atau menembus medan kasar. Fitur berkendara yang ditawarkan oleh mobil Toyota Land Cruiser 2020 seperti Blind Spot Monitor dan Rear Cross-Traffic Alert, Hill Assist Control dan Vehicle Stability Control juga memastikan berkendara dengan aman di semua kondisi jalan.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Sienta



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *