Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix

Diposting pada


Kapasitas oli mesin Innova Zenix yang dibutuhkan untuk sekali penggantian adalah 4,6 liter. Toyota Kijang Innova Zenix dibekali dua mesin baru dengan kode M20A-FKS dan M20A-FXS. M20A-FKS adalah mesin bensin 4-silinder 1.987 cc menghasilkan tenaga 172 dk/6.600 rpm dan torsi 205 Nm/4.500-4.900 rpm

All New Toyota Kijang Innova Zenix

M20A-FXS adalah mesin bertenaga 4-silinder 1.987 cc 16 valve DOHC Dual VVT-i dan satu motor listrik. Tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 150 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 187 Nm/4.400-5.200 rpm sedangkan motor listriknya 111 dk dan torsi 206 Nm.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Terios

Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix

Viskositas oli mesin yang dibutuhkan Toyota Kijang Innova Zenix rendah karena kini bentuk mesin lebih kompak. Kapasitas oli mesin Innova Zenix yang dibutuhkan untuk sekali penggantian sebesar 4,6 liter. Untuk mendukung kinerja mesin yang lebih efisien membutuhkan oli mesin yang encer. Daya pelumasan yang cepat dan mampu menjangkau bagian tersempit membuat viskositas yang dibutuhkan rendah.

PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis dua varian baru oli yaitu TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) dan TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Kedua oli tersebut merupakan genuine oil yang dikeluarkan TAM untuk pasar Indonesia. Kedua varian itu dibuat untuk spesifikasi mesin yang berbeda. TMO 0W-16 SN GF-5 diperuntukkan untuk mobil terbaru dengan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA) seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize, dan All New Kijang Innova Zenix.

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) tersedia dalam 2 ukuran, yaitu ukuran 1 L dan 4 L. Toyota menyebut oli TMO juga memiliki ACTIFILM Technology Double Protector yaitu lapisan membran Double Protector yang didesain khusus oleh Toyota dengan keseimbangan formula yang optimal dalam melindungi setiap bagian mesin bahkan celah terdalam dan terkecil sekalipun dari keausan dan kebocoran.

Teknologi ini disebut sekaligus berfungsi sebagai penghancur kerak pada dinding mesin. Diharapkan, varian terbaru TMO ini dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan setia Toyota akan kenyamanan berkendara dan kualitas kendaraan yang senantiasa terjaga.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Xenia

All New Kijang Innova Zenix

Desain BodY Toyota All New Kijang Innova Zenix

Jika dilihat sepintas, eksterior Toyota All New Kijang Innova Zenix mungkin terlihat mirip dengan Innova Reborn. Namun, bila dilihat secara seksama, ada beberapa ubahan yang membuat eksterior All New Kijang Innova Zenix terlihat lebih tangguh serta modern. Tidak lagi menggunakan platform tangga (ladder), mobil ini mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) atau lebih tepatnya TNGA: GA-C dengan struktur monokok.

Platform tersebut diklaim dapat mengurangi bobot mobil, meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi suara dan getaran dalam kabin, kestabilan dan kenyamanan meningkat, dan memfasilitasi dapur pacu hybrid-nya. Di sisi lain, All New Kijang Innova Zenix disematkan gril dengan ukuran yang besar.

Eksterior Toyota All New Kijang Innova Zenix

Toyota All New Kijang Innova Zenix sudah disematkan beragam fitur handal dan mumpuni, salah satunya panoramic sunroof. Fitur tersebut termasuk salah satu fitur baru di keluarga Kijang. Sunroof ini di All New Kijang Innova Zenix punya ukuran yang terbilang besar dan membentang dari depan sampai belakang.

Dengan adanya sunroof tersebut, membuat kabin mobil jadi terasa lebih lapang serta lebih mewah. Ditambah, terdapat ambient light pada sisi kiri dan kanan. Penumpang All New Kijang Innova Zenix pun dapat melihat pemandangan alam dengan mudah lewat sunroof mobil ini selama perjalanan. Sebagai catatan, panoramic sunroof pada mobil tersebut ada di varian V hybrid dan Q hybrid.

Interior Toyota All New Kijang Innova Zenix

Toyota All New Kijang Innova Zenix dinilai mempunyai ruang kepala dan kaki yang luas. Semua jok kursi mobil ini telah dibalut dengan bahan yang cukup lembut sehingga nyaman saat diduduki. Untuk baris kedua, sudah dilengkapi tempat penyimpanan cukup besar, cup holder, serta head rest yang bisa disesuaikan.

Menariknya, All New Kijang Innova Zenix mengandalkan captain seat ottoman untuk penumpang. Terdapat sandaran kaki yang membuat penumpang bisa duduk secara lebih nyaman. Namun, captain seat tersebut hanya disematkan di varian tertinggi All New Kijang Innova Zenix versi hybrid, Q. Kekurangan dari adanya captain seat ottoman pada mobil tersebut adalah bangku baris kedua tidak bisa dilipat hingga rata lantai.

Pengguna mobil ini pun tidak bisa menaruh barang di mobilnya dalam jumlah banyak. Di sisi lain, penumpang yang duduk di baris kedua bisa mengatur besar-kecilnya semburan AC. Kisi-kisi AC untuk penumpang belakang terletak di sisi kanan dan kiri atas plafon. Sayangnya, semburan AC ini langsung mengarah ke kepala penumpang yang memiliki postur 172 cm.

Jika kisi AC-nya dibuat lebih mundur, ini tidak akan menjadi kekurangan dari All New Kijang Innova Zenix.

Mesin Toyota All New Kijang Innova Zenix

Untuk versi bensin, All New Kijang Innova Zenix, dibekali mesin berkode M20A-FKS 2.0-liter. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 171 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 204 Nm di putaran 4.500-4.900 rpm. Untuk transmisinya, menggunakan CVT. Sementara itu, All New Kijang Innova Zenix versi hybrid dibenamkan mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter.

Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 149 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400-5.200 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik yang mempunyai tenaga 111 hp dan torsi maksimum 205 Nm. Soal transmisi, mengandalkan e-CVT. Terdapat baterai Ni-MH berukuran kompak yang disimpan di bawah kedua jok kursi depan.

Dengan mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture), baterai tersebut tidak membuat kabin mobil jadi kurang lega. Perlu diketahui, Toyota All New Kijang Innova Zenix tidak menawarkan opsi mesin diesel. Mengenai konsumsi BBM All New Kijang Innova Zenix, lebih irit 20-40 persen jika dibandingkan Innova Reborn.

All New Kijang Innova Zenix versi hybrid punya konsumsi BBM yang jauh lebih irit saat dibawa berkendara di jalan macet. Hal ini dikarenakan mesin bensin bekerja saat mobil sudah melaju lebih dari 50 km per jam.

Fitur Kenyamanan All New Kijang Innova Zenix

Selain panoramic sunroof, Toyota All New Kijang Innova Zenix juga telah disematkan fitur-fitur lain yang dapat memberi kenyamanan pada pengemudi dan para penumpang saat berkendara.

Khusus varian V dan Q, terdapat head unit 9/10 Inch with smartphone connectivity, TFT MID 7 inch, dual 10 inch rear seat entertainment, wireless charger, power backdoor with voice command, paddle shift, dan lain-lain.

Fitur Keamanan dan Keselamatan All New Kijang Innova Zenix

Selain kenyamanan, Toyota All New Kijang Innova Zenix juga sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan dan keselamatan canggih. Untuk varian Q hybrid, dibekali fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari beragam fitur berikut.

  • Pre-collision system
  • Dynamic radar cruise control (adaptive)
  • Lane departure alert
  • Lane tracing assist
  • Automatic high beam

Kelima fitur di atas dinilai dapat membantu pengemudi saat berkendara. Di jalan tol, keberadaan adaptive cruise control sangat membantu. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengemudi cukup menggunakan tombol di setir kemudi. Selain itu, terdapat juga airbag di depan dan samping, vehicle stability control, blind spot monitor, dan hill start assist.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R

Pendapat Tentang All New Kijang Innova Zenix

1. Pakai Panoramic Sunroof untuk Innova Zenix V dan Q

Pendapat tentang Toyota Innova Zenix yang pertama adalah dari sisi kehadiran panoramic sunroof. Ini memang jadi kekurangan Innova yang dijual sebelumnya atau Innova Reborn. Kehadiran panoramic sunroof tentu membuat Innova terbaru semakin kompetitif dibanding rival. Pasalnya dari sisi ukuran, ternyata sunroof ini sangat besar, membentang dari depan ke belakang.

Dari dalam kabin, penumpang juga dapat melihat pemandangan alam dengan lebih mudah. Ditambah lagi, sunroof ini menjadikan kabin terasa semakin lapang. Sekaligus membuat interior Innova Hybrid ini jadi semakin mewah, terlebih karena ada ambient light di sisi kiri dan kanannya. Kehadiran panoramic retractable roof Innova Hybrid varian V dan Q saja.

2. Captain Seat Ottoman yang Lebih Nyaman

Kijang Innova Zenix menggunakan tipe ottoman yang lebih nyaman untuk penumpang. Perbedaannya ada di kehadiran sandaran kaki yang menjadikan duduk di joknya semakin rileks. Walau demikian, versi captain seat ottoman ini cuma hadir di Toyota Innova Hybrid varian tertinggi atau Q. Sementara di varian G dan V tidak tersedia.

Kekurangan dari kehadiran jok yang nyaman ini adalah bangku baris kedua tidak bisa dilipat rata lantai untuk memberi ruang bagasi yang lebih luas saat ingin meletakkan barang bawaan yang banyak. Fitur kenyamanan lain yang didapat oleh penumpang di jok baris kedua Innova Zenix adalah dua layar berukuran besar berukuran 10 inci, khusus untuk varian Q dan V.

Fitur dual rear seat entertainment ini bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone dan bisa menampilkan gambar dan video yang terpisah satu sama lain.

3. Innova Zenix Menggunakan Velg 18 Inch

Toyota Kijang Gen-7 ini memang masih mirip dengan Innova Reborn. Namun begitu, jika dicek secara detail dan seksama, terdapat beberapa ubahan yang membuatnya terlihat lebih modern dan berkesan ala SUV. Hal ini wajar, karena Toyota kini memberi label Innova generasi terbaru sebagai Innovative Multipurpose Crossover.

Hal tersebut terlihat dari namanya, Zenix sendiri merupakan singkatan dari Zenith dan X. Dalam bahasa Inggris, Zenith berarti puncak performa. Kemudian huruf X adalah inisial dari crossover. Dengan kata lain, Zenix berarti crossover yang bisa membawa pemiliknya meraih puncak performa, baik itu dalam hal bekendara dan mobilitas sehari-hari.

Konsep mobil ini adalah Innovative Multipurpose Crossover. Tujuannya untuk mengembangkan crossover serbaguna dengan kelapangan dan kegunaan sebuah minivan yang dicintai oleh keluarga milenial dengan nilai-nilai global. Mewarisi DNA mobil yang telah lama digandrungi masyarakat dan telah mengalami berbagai penyempurnaan, All New Kijang Innova Zenix telah menjadi sebuah mobil untuk era baru.

Selanjutnya, desain headlamp juga tampil agresif dan sudah menggunakan LED. Begitu juga dengan bumpernya, lekukan garisnya simpel menyesuaikan dengan desain grill dan headlamp serta terdapat foglamp dan DRL yang sudah LED. Untuk bagian belakang Innova Zenix, tampilannya masih mirip dengan Innova Reborn.

Terkait pilihan warna, ada 5 opsi: Platinum White pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black, dan Dk. Steel. Lalu soal dimensi, Toyota Kijang Innova Zenix lebih bongsor dari Innova Reborn. Di atas kertas memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda lebih panjang hingga 2.850 mm.

Lalu untuk ground clearance mencapai 185 mm. Sementara untuk velg yang digunakan bervariasi tiap varian. Misal untuk Innova Hybrid varian G pakai velg 16 inch dengan ban 205/65, varian V menggunakan velg 17 inch dengan ban 215/60. Khusus varian Innova tertinggi atau Q bakal pakai velg 18 inch dengan ban 225/50.

4. Menggunakan Platform TNGA

Toyota Innova Zenix menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA: GA-C. Platform ini sama dengan yang digunakan oleh Toyota Voxy. Dengan kata lain, ladder frame yang jadi rangka di model sebelumnya tergantikan gaya monokok. Kelebihan dari platform TNGA adalah lebih ringan, kemudian monokok.

Alhasil saat mobil diajak berkendara di jalanan terasa semakin menyenangkan, karena mudah dikendalikan. Platform ini juga memberikan ruang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil, dalam
rangka meningkatkan kestabilan dan kenyamanan saat bermobilitas.

5. Penggerak Roda Depan atau FWD

Kemudian spesifikasi Toyota Innova Zenix selanjutnya adalah pakai penggerak roda depan (FWD). Hal tersebut sebenarnya sesuatu yang bisa terprediksi, karena sekarang mobil-mobil Toyota modern sudah mengaplikasikan FWD, bahkan Avanza generasi terbaru juga ikutan. Gerak roda depan di satu sisi memang dianggap kurang mumpuni untuk melibas jalan tanjakan dibanding roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Walau demikian, di sisi lain sesungguhnya banyak kelebihan FWD jika diaplikasikan ke Innova Zenix, seperti penggunaan komponen yang sedikit sehingga membuat ongkos produksi berkurang. Lalu penggerak roda depan unggul karena lebih hemat BBM, akselerasi lebih mantap, hingga membuat kabin semakin nyaman (tidak ada terowongan gardan di lantai).

Efeknya di Innova Zenix dengan kombinasi FWD dan TNGA: GA-C, maka panjang bagian dalam kabin mencapai 1.746 mm atau bertambah 56 mm. Sementara hip room bangku baris pertama dan kedua mencapai 1.488 mm atau lebih lebar 46 mm, dengan ruang kepala di bangku tengah selega 85 mm atau lebih tinggi 32 mm dari model lawas. Dimensi tersebut menjanjikan kenyamanan terbaik di kelasnya.

Dengan menggunakan penggerak roda depan (FWD), maka terowongan di bawah dek penumpang sudah tidak ada lagi sehingga menciptakan lantai yang rata. Wheelbase lebih panjang turut memberikan lantai kabin lebih lapang mengingat posisi as roda kian jauh ke depan dan belakang. Thread roda lebih lebar ikut menjanjikan kabin lebih lapang.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Suzuki Ignis dan New Ignis



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *