Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix Hybrid

Diposting pada


Kapasitas oli mesin Innova Zenix Hybrid dengan kode mesin M20A-FXS sebesar 3,5 liter. Innova Zenix  Hybrid mengadopsi mesin hybrid 4 silinder dengan kapasitas 1.987 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 186 PS atau setara 152 PS pada 6.000 rpm. Karena menggunakan mesin hybrid, Innova Zenix diklaim lebih irit BBM.

Innova Zenix Hybrid memiliki emisi gas buang lebih rendah, dengan pengurangan emisi hingga 50 persen. Untuk harganya sendiri, Innova Zenix Hybrid dibanderol dengan harga Rp 458 juta sampai Rp 614 juta OTR DKI Jakarta.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix

Kapasitas Oli Mesin Innova Zenix Hybrid

Kijang Innova Zenix hadir dalam dua varian yakni bermesin hybrid dan bermesin bensin 2.0L. Pada varian hybrid, Kijang Innova Zenix hadir dalam tiga tipe utama, yakni G, V, dan Q sebagai tipe tertinggi. Sementara varian mesin bensin tersedia dalam dua tipe yaitu G dan V dengan kapasitas oli mesin Innova Zenix Hybrid sebesar 3,5 liter.

Kijang Innova Zenix Hybrid telah mengadopsi platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan struktur monokok berpenggerak roda depan serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5. Teknologi terbaru kepada All New Kijang Innova Zenix seperti mesin 2.0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT.

All New Kijang Innova Zenix menggunakan mesin TNGA 2.01 berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i. Dengan kemampuan menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm. Sementara mesin TNGA 2.01 berkode M20A-FXS dengan kapasitas oli mesin All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm.

All New Kijang Innova Zenix hadir dengan konsep eksterior Glamorous and Tough. Mobil ini hadir dengan pilihan velg alloy berukuran 16 inci (G), 17 inci (V), dan 18 inci (Q). Kijang Innova Zenix menghadirkan berbagai fitur unggulan, mulai dari panoramic retractable roof (Q dan V hybrid hingga head unit 10 inci dengan konektivitas smartphone (Q dan V hybrid) dan Multi Information Display (MID) 7 inci.

Mobil ini hadir dalam lima pilihan warna, meliputi Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black, Dark Steel Metallic.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Terios

Rekomendasi Oli Mesin Innova Zenix Hybrid

1. TOP 1 Zenzation SAE 10W-40

Rekomendasi pertama oli mesin innova bensin yakni Top 1 Zenzation SAE 10W-40. Top 1 memang sudah dikenal kualitasnya sejak dahulu sebagai pelumas kendaraan. Untuk jenis ini, Top 1 memformulasikan kandungan sintetik 30 persen lebih banyak dibanding dengan oli lainnya. Keunggulan ini membuat masa pakai Top 1 menjadi lebih lama.

Pasalnya, zat adiktif ester fortified dalam oli ini akan menjaga komponen mesin sejak pertama kali mesin dihidupkan. Kabar baiknya, performa mesin akan menjadi lebih responsif dan memiliki proteksi ganda dari korosi. Top 1 Zenzation ini juga telah memenuhi Euro 6 Standard, dengan viskositas 10W-40 Top 1 menunjukkan olinya mampu menurunkan emisi gas buang dan diklaim ramah lingkungan.

Untuk ukuran 1 liter oli jenis ini kamu harus membayar sekitar Rp 102 ribu. Sedangkan untuk ukuran lebih besar, yakni 4 liter kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 411 ribu.

2. Castrol Magnatec SAE 10W-40

Selanjutnya ada oli dari Castrol Magnatec SAE 10W-40. Diracik dengan kandungan molekul pintar, oli ini bisa membersihkan sudut-sudut terkecil dari mesin Innova. Formulasi bahan sintetik pada Castrol juga diklaim mampu memberikan perlindungan optimal berupa lapisan film pada permukaan mesin sejak pertama kali mesin dinyalakan. Mobil juga akan memiliki akselerasi yang optimal berkat Castrol Magnatec ini.

Sayangnya, harga yang ditawarkan cukup tinggi. Kamu harus mengeluarkan kocek sebesar Rp420 ribu untuk tiap 4 liter Castrol Magnatec.

3. Shell Helix HX7 10W-40

Shell Helix HX7 diklaim sebagai salah satu oli Shell untuk Innova bensin yang bagus. Dengan formulasi bahan dasar sintetik dan teknologi Flexi Molecule di dalamnya, Shell memastikan perlindungan komponen dengan membentuk lapisan film pada permukaan komponen mesin. Tidak hanya itu, oli Shell juga membersihkan mesin dari endapan sisa pembakaran.

Berdasarkan pengujian internal, Shell mengklaim mampu bekerja 40% lebih dalam melindungi mesin mobil Innova kamu dari keausan. Untuk harga Shell 1 liter kamu perlu mengeluarkan dana Rp80 ribu. Sedangkan untuk yang 4 liter, kamu harus mengeluarkan kocek sebesar Rp305 ribu.

4. Toyota Motor Oil 10W-40

Toyota Motor Oil bisa menjadi salah satu pilihan oli innova bensin kamu. Oli ini dikembangkan bersama oleh Pertamina dan disupervisi Toyota Jepang sehingga menghasilkan oli yang berkualitas. Apalagi untuk mobil Toyota Kijang Innova. Toyota diformulasikan dengan base oil sintetik dan memiliki teknologi actifilm sehingga akan melindungi lapisan komponen mesin dan keseimbangan berat meski mesin dalam kondisi kelelahan.

Lapisan film pada oli Toyota ini akan melindungi mesin bahkan sampai ke celah terdalam dan mencegah munculnya kerak sisa pembakaran pada mesin mobil. Selain itu Visco Technology akan menjaga tingkat viskositas oli meski digunakan dalam kondisi temperatur panas. Selain itu, defoamants akan menjaga volume oli pada dinding silinder mesin terjaga.

Untuk harganya kamu bisa mendapatkan 1 liter oli ini dengan Rp70 ribu dan 4 liter dengan Rp235 ribu.

5. Total Quartz 7000SM 10W-40

Oli mobil Innova bensin yang bagus selanjutnya adalah Total Quartz 7000SM 10W-40. Menariknya, oli ini bisa digunakan baik untuk mesin bensin atau diesel. Formulasinya akan memberikan perlindungan pada mesin dari oksidasi dan keausan pada mesin. Oli semi sintetik ini menjamin kestabilan kualitas meski digunakan pada lalu lintas perkotaan yang padat dan harus terus berkendara.

Untuk harga, tiap 1 liter Total Quartz kamu harus membayar Rp73 ribu. Sedangkan untuk ukuran 4 liter, kamu harus membayar sekitar Rp385 ribu.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Xenia

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ganti Oli

1. Kapasitas oli

Sebelum mengganti oli, tentu kamu harus mengetahui kapasitas oli dari mobil tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kapasitas oli Innova adalah 5,6 L. Untuk kemasan oli sendiri ada yang 1 L, 4 L, 5 L, maupun kemasan lainnya, bergantung pada merek oli.

2. Kekentalan oli

Mobil ini membutuhkan kekentalan oli SAE 10W-40 API SN. Dengan oli yang cukup kental tersebut, mesin Innova akan menunjukkan performa maksimal. Perhatikan tingkat kekentalan oli. Pastikan kamu tidak memakai oli yang terlalu encer atau terlalu kental.

4. filter oli dan gasket oli baru

Saat mengganti oli, jangan lupa juga untuk mengganti filter oli dan gasket oli dengan yang baru. Filter oli diganti agar kotoran dari oli lama juga terbuang dan filter masih dalam kondisi bersih.

5. Jadwal Ganti Oli

Untuk bagian ganti oli kamu bisa mulai kendorkan tutup oli di bagian mesin sehingga oli bisa turun semua ke bawah tapi kotoran dari luar tidak masuk. Setelah itu, buka tutup oli di bagian bawah. Tampung oli bekas di ember atau wadah lain. Tunggu sampai semua oli turun ke ember.

Setelah oli tertampung di ember, kamu bisa kembali tutup bagian penutup oli di bawah. Tutup dengan rapat. Lalu, buka penutup oli di bagian mesin. Masukkan oli baru ke dalam mesin. Ingat, kapasitas oli mesin untuk Innova bensin adalah 5,6 liter. Jadi Jangan sampai mengisi hanya 4 liter saja atau 5 liter saja.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Ayla

Oli Toyota Untuk Innova Zenix Hybrid

PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan oli yang cocok untuk produk terbarunya yakni Toyota Motor Oil (TMO) yang cocok untuk model produk terbarunya yakni Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Hybrid dan Toyota Innova Zenix Gasoline. Oli Toyota TMO yang dimaksud yaitu TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) dan TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Oli ini diklaim cocok banget untuk mobil-mobil modern Toyota yang kini beredar di Indonesia seperti Toyota Kijang Innova Zenix.

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6)

TAM secara resmi meluncurkan varian baru TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6). Model kendaraan terbaru Toyota memiliki teknologi yang semakin tinggi dan canggih. Sehingga, untuk mendukung perkembangan teknologi tersebut, dibutuhkan oli dengan teknologi yang lebih tinggi pula dan tingkat keenceran yang lebih rendah.

Dengan spesifikasi termutakhir ILSAC GF-6 yang mendukung hemat bahan bakar, dan memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik, serta cocok untuk mesin teknologi terbaru yang lebih sensitif terhadap deposit/kotoran. TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) adalah varian tertinggi baru dari TMO. Varian ini sangat cocok/direkomendasikan pada model-model terbaru Toyota dengan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA).

Seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize, dan juga pada All New Kijang Innova Zenix yang baru diluncurkan baru-baru ini. Pelanggan disarankan untuk mengecek di buku owner’s manual untuk memastikan bahwa kendaraannya direkomendasikan untuk menggunakan TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

TMO LITE 0W-20 SN GF-5

TMO LITE 0W-20 SN GF-5 hadir sebagai bagian dari upaya Toyota untuk menyesuaikan dengan teknologi kendaraan yang semakin berkembang dan juga mengarah pada teknologi yang ramah lingkungan. Varian ini dapat memberikan proteksi maksimal pada kendaraan dan mendukung penghematan bahan bakar dan rendah emisi.

TMO LITE 0W-20 SN GF-5 adalah oli dengan viskositas rendah namun memiliki harga yang lebih terjangkau. TMO LITE 0W–20 SN GF-5 cocok untuk kendaraan Toyota dengan kapasitas oli sama atau di bawah 3,5L seperti mobil LCGC (Agya dan Calya), atau pun model-model lainnya seperti Avanza, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, Rush, dan lain-lain. Varian ini hadir dengan 1 ukuran yaitu 3,5 L dan tersedia di seluruh bengkel resmi Toyota.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Mobilio

Kelebihan Innova Zenix Hybrid

Lebih Irit

Toyota Innova Zenix menggunakan 2 konfigurasi mesin: hybrid (M20A-FXS) dan bensin (M20A-FKS ). Di mana keduanya dikawinkan dengan transmisi 10-percepatan CVT. Jadi, kini tidak lagi memiliki varian mesin diesel. Khusus yang varian bensin, Innova Zenix didukung mesin dengan kode M20A-FKS konvensional berkapasitas 2.000 cc. Jantung mekanis ini sama dengan yang digunakan Toyota Voxy terbaru.

Performanya mampu meraih daya maksimum 167 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak 202 Nm pada putaran mesin 4.900 rpm. Untuk konsumsi BBM-nya diklaim 15 km/liter, lebih irit dibanding mesin bensin di Innova model lama atau Innova Reborn. Kemampuan Innova Hybrid mengirit BBM ini juga lebih baik dibanding mesin Innova Diesel model lama Pasalnya Innova Reborn bermesin diesel 2GD yang berkubikasi 2.393 cc turbo, cuma bisa menghemat solar 14 Km/liter.

Konsumsi BBM Innova Hybrid ini juga jauh lebih baik dengan kompetitor yaitu Wuling Almaz Hybrid. Pasalhnya SUV lima berlian tersebut cuma bisa menghemat 19 Km/liter.

Panoramic Sunroof

Kelebihan Toyota Innova Zenix berikutnya ada di kehadiran panoramic sunroof. Ini memang jadi kekurangan Innova model lama. Padahal kompetitor seperti Wuling Cortez dan Kia Carens sudah pakai kaca di bagian atapnya. Kehadiran panoramic sunroof membuat Innova Zenix semakin kompetitif dibanding mobil tipe lain. Pasalnya dari sisi ukurannya, kaca atap tersebut ternyata sangat besar, membentang dari depan ke belakang. Dari dalam kabin, penumpang juga dapat melihat pemandangan alam dengan lebih mudah. Ditambah lagi, sunroof ini menjadikan kabin terasa semakin lapang.

Hadirnya sunroof juga membuat interior Innova Hybrid ini jadi semakin mewah, terlebih karena ada ambient light di sisi kiri dan kanannya. Walau demikian, kehadiran panoramic retractable roof Innova Hybrid varian V dan Q saja. Sementara untuk varian G tidak memilikinya.

Captain Seat Ottoman

Kelebihan Toyota Innova Zenix selanjutnya ada di penggunaan captain seat ottoman. Ini berbeda dengan captain seat biasa. Tipe ottoman tentu lebih nyaman untuk penumpang. Perbedaannya ada di kehadiran sandaran kaki yang menjadikan duduk di joknya semakin rileks. Hal ini disebut keunggulan, lantaran kompetitor seprti Wuling Almaz Hybrid, Wuling Cortez, hingga Kia Carens belum memilikinya.

Ditambah lagi, ada pengaturan elektrik di captain seat ottoman Innova Zenix tersebut. Walau demikian, versi captain seat ottoman ini cuma hadir di Toyota Innova Hybrid varian tertinggi atau Q. Sementara di varian G dan V tidak tersedia.

Baca juga : Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *