Kapasitas Oli Mesin Innova Hybrid

Diposting pada


Toyota Kijang Innova Hybrid yang diluncurkan beberapa waktu lalu menggunakan mesin baru, dengan kapasitas oli mesin Innova Hybrid sebesar 3,5 liter. PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini meluncurkan pelumas Toyota Motor Oil (TMO) 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6). Pelumas tersebut diformulasikan untuk mesin dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), seperti kapasitas oli mesin Innova Hybrid dan Innova Zenix.

Toyota menyebut oli tersebut memenuhi spesifikasi International Lubricants Standardization and Approval Committee (ILSAC) GF-6 yang mendukung hemat bahan bakar, memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik, serta cocok untuk mesin teknologi terbaru yang lebih sensitif terhadap deposit atau kotoran.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda HR-V Turbo

Kapasitas Oli Mesin Innova Hybrid

PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis dua varian baru oli yaitu TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) dan TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Kedua oli tersebut merupakan genuine oil yang dikeluarkan TAM untuk pasar Indonesia. Seperti kapasitas oli mesin Innova Hybrid yang membutuhkan oli dengan viskositas yang sesuai dan harga yang lebih terjangkau.

Toyota menyebut oli TMO juga memiliki ACTIFILM Technology Double Protector yaitu lapisan membran Double Protector. Didesain khusus oleh Toyota dengan keseimbangan formula yang optimal dalam melindungi setiap bagian mesin. Bahkan celah terdalam dan terkecil sekalipun dari keausan dan kebocoran. Teknologi ini disebut sekaligus berfungsi sebagai penghancur kerak pada dinding mesin.

Seluruh spesifikasi varian TMO ditentukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang dan telah disesuaikan dengan standar global. TMO memiliki ACTIFILM Technology Double Protector yaitu lapisan membran Double Protector yang didesain khusus oleh Toyota. Sehingga mampu melindungi setiap bagian mesin bahkan celah terdalam dan terkecil sekalipun dari keausan dan kebocoran, sekaligus berfungsi sebagai penghancur kerak pada dinding mesin.

Berikut varian oli TMO yang ada di Indonesia:

  • Synthetic Bensin: TMO 10W-40 SN
  • Synthetic Diesel: TMO 15W-40 CI-4
  • Full Synthetic Bensin: TMO LITE 0W-20 SN GF-5
  • Full Synthetic Bensin: TMO 5W-30 SN GF-5
  • Full Synthetic Bensin: TMO 0W-20 SN GF-5
  • Full Synthetic Bensin: TMO 0W-16 SN GF-5
  • Full Synthetic Diesel: TMO 5W-30 ACEA

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Hyundai Stargazer

Spesifikasi Innova Hybrid

Toyota innova hybrid hadir dalam beberapa pilihan tipe. Setidaknya saat ini tersedia 3 tipe yang dapat dipilih, tipe innova hybrid tersebut antara lain tipe Innova zenix 2.0 G HV CVT, Innova zenix 2.0 V HV dan Innova zenix 2.0 Q HV CVT. Selain itu, terdapat beberapa pilihan warna yang dapat dipilih seperti platinum white pearl, silver metallic, gray metallic, attitude black dan DK. Steel MC. Warna-warna tersebut dibedakan juga berdasarkan pilihan warna premium dan non-premium.

Dari sisi ukuran, dimensi toyota innova hybrid 2022 terbilang cukup besar, panjang innova hybrid ini adalah 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm. Selain itu, untuk ukuran Ground Clearancenya adalah 185 mm dengan Wheelbase 2.850 mm. Untuk mesin yang digunakan pada innova hybrid ini berupa mesin bertipe M20A-FXS 4 cylinders, in-line 16-Valve DOHC, chain drive Dual VVT-i.

Sedangkan ​​isi silinder innova generasi terbaru ini adalah sebesar 1.987 cc. Dengan menggunakan sistem bahan bakar berupa Direct injection, port injection D-4S system, mesin ini dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 186 (System), 152/ 6000 (Engine) ps/rpm. dan untuk torsi yang dihasilkan sebesar 19,1 / 4400-5200 (Engine) kgm/rpm.

Keunggulan lain yang dapat di highlight dari performa mobil ini adalah dengan adanya HEV 5th Gen & Battery Warranty, New EV Mode + ECO & Power Mode dan tentunya karena sudah menggunakan New TNGA Platform. Perlu diketahui juga, untuk transmisi yang digunakan pada innova hybrid ini berupa CVT, dengan drive system berupa 2WD (FF). Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut – Front / Torsion Beam – Rear. Sudah dilengkapi juga dengan Electric Parking Brake + Brake Hold.

Eksterior Innova Hybrid

Membahas mengenai tampilan eksterior innova hybrid tentu akan menjadi menyenangkan, terlebih pada bagian ini generasi innova terbaru ini hadir dengan berbagai pembaruan yang sangat menarik. Pada tampilan depan, hadir New crossover front looks yang memberikan beberapa tampilan baru pada LED headlamp, DRL, dan juga Foglamp. Desain baru ini semakin menunjukan kesan mewah sekaligus modern pada mobil innova hybrid ini.

Pada bagian samping atau roda, tampilan stylish sangat terasa dengan hadirnya New Fascinating 18″ alloy wheel dengan dominasi warna chrome, desain yang menarik membuat perjalanan menggunakan mobil ini semakin terlihat berkelas. Di bagian sampin juga kita akan melihat new side body moulding with side skirt modellista yang akan membuat tampilan terasa lebih sporty sekaligus stylish.

Bukan hanya pada bagian tampilan, dengan adanya New power backdoor with voice command membuat kesan modern semakin terasa, dan tentunya akan memudahkan pengendara maupun penumpang untuk membuka bagian pintu belakang. Bagian belakang pun tak kalah menariknya, hadirnya New rear combination lamp.

Interior Innova Hybrid

Bagian interior tidak boleh dilupakan, pada bagian ini beragam tampilan hingga fitur-fitur yang tersedia sudah tentu akan memberikan kenyamanan baik untuk pengemudi maupun para penumpangnya. Pertama, ukuran dimensi innova hybrid yang besar tentu akan berpengaruh pada luas kabin mobil ini. Bagian kabin mobil terasa luas sehingga memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang.

Terlebih, pada bagian kursi baris kedua sudah menggunakan kursi berupa New captain seat with ottoman dengan material berupa New black leather seat. Semakin menyenangkan, dengan hadirnya juga fitur multimedia pada bagian baris kedua karena sudah terpasangnya New 10″ dual rear seat entertainment.

Salah satu yang paling menarik bagian kabin mobil kijang innova terbaru adalah dengan terpasangnya New panoramic retractable roof. Selain membuat tampilan mobil menjadi lebih mewah, tentu fitur ini sangat bisa memanjakan penumpang ketika berkendara, sensasi berkendara menjadi lebih menyenangkan dengan adanya fitur ini.

Pada bagian depan juga tidak kalah menariknya, kesan stylish dan mewah terlihat dari desain New majestic full dashboard. Bagian dashboard innova hybrid ini sangatlah terlihat modern. Dengan berbagai tombol pengatur fitur-fitur di mobil ini yang memudahkan pengemudi untuk mengaksesnya. Pada beberapa tipe lainnya tersedia juga dengan desain two-tone yang memberikan kesan yang lebih berkelas. Untuk menopang mobilitas pengemudi dan juga penumpang, mobil ini juga sudah menyediakan new wireless charger untuk mengisi daya smartphone.

Fitur Innova Hybrid

Kenyamanan berkendara menggunakan innova hybrid akan semakin terasa dengan hadirnya berbagai fitur keselamatan berkendara. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan berkendara paling canggih milik toyota yaitu TSS (toyota safety sense). Selain itu, beberapa fitur keselamatan berkendara lainnya juga sudah lengkap ada pada mobil ini seperti hadirnya Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Automatic High Beam (AHB), 6 SRS Airbags serta Vehicle Stability Control.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Luxio

Teknologi Hybrid Pada Innova Zenix

Toyota Innova Hybrid EV dihadirkan bukan hanya untuk memenuhi visi ever-better cars. Lebih dari itu, Innova Hybrid EV merupakan wujud dari komitmen Toyota untuk menghadirkan kendaraan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV dikembangkan Toyota guna memberikan opsi kendaraan Hybrid EV yang terjangkau.

Innova Zenix Hybrid EV merupakan kendaraan yang memperluas aplikasi teknologi elektrifikasi, khususnya Toyota Hybrid System generasi terbaru. Salah satu perubahan mendasar yang terlihat dari Innova Zenix Hybrid EV adalah penggunaan platform TNGA: GA-C, di mana Innova generasi terbaru kini menggunakan struktur monocoque untuk menggantikan struktur ladder-on-frame.

Dengan aplikasi TNGA: GA-C, bobot Innova Zenix Hybrid EV berkurang, rigiditas bodi meningkat, suara di dalam kabin lebih senyap, dan kenyamanan dan kestabilan selama berkendara meningkat. Selain teknologi sistem penggerak hybrid, highlight dari Toyota Kijang Innova Zenix adalah hadirnya fitur keselamatan canggih. Seperti model lansiran hampir dua tahun belakangan, Innova Zenix turut dibekali Toyota Safety Sense (TSS). Teknologi ini hadir di varian tertinggi, Q Hybrid.

Teknologi TSS

TSS milik Kijang Innova Zenix adalah versi 3.0, yang sama canggihnya seperti milik Voxy terbaru. Kedua mobil juga berbagi platform dan mesin. Tingkat keselamatan yang ditawarkan tidak bisa dipandang sebelah mata, dalam menjamin kepraktisan berkendara juga. Untuk diketahui, teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TSS 3.0) mengandalkan sensor dan radar. Cuma tersedia di varian Kijang Innova Zenix Hybrid. Isinya terdiri dari atas Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

Ada banyak perbedaan dibanding perangkat ADAS lama. Pertama, TSS 3.0 memiliki jarak deteksi ke depan menjadi lebih luas. Baik ke atas serta ke bawah, ke kanan maupun ke kiri. Selain itu, deteksi ke depan kini bisa melihat objek bergerak lebih luas. Bahkan dengan jarak yang lebih dekat. Kedua penyempurnaan ini masuk ke dalam aspek teknis sistem radar.

Fitur Dynamic Radar Cruise Control, familier sebagai Adaptive Cruise Control, sangat membantu dalam melesatkan kendaraan. Kaki jadi lebih relaks di Innova Zenix HV TSS. Sebab terdapat pengaturan jarak baru yaitu 4 stages. Kendaraan sanggup menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan yang ada di depan. Tetap menjaga jarak aman sekitar empat detik.

Perangkat sangat bermanfaat saat mobil melesat dijalan tol. Hanya tekan tombol cruise control di bagian kanan setir. Anda tinggal melesat, kaki kanan berjaga di pedal rem. Selain itu terdapat pengaturan kecepatan, lalu dapat mendeteksi kendaraan kedua yang berada jauh di depan. Sehingga dapat menyesuaikan kecepatan lebih dini dan akurat.

Lane Tracing Assist

Kemudian di Lane Tracing Assist, terjadi peningkatan teknologi deteksi. Toyota kini sudah menggunakan 3D Recognition. Alhasil, kian banyak objek dapat terdeteksi. Seperti mobil tengah parkir, pembatas jalan, hingga garis dan marka jalan. Ada pula peningkatan Pre-Collision System. Mobil sanggup mengurangi kecepatan lebih baik. Termasuk saat mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda. Saat siang maupun malam hari. Hebatnya lagi bisa memantau pejalan kaki serta pengendara sepeda yang melintas dari arah berlawanan. Sistem ini juga mampu mendeteksi kendaraan lain dan pengendara sepeda motor tengah melintas di persimpangan.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Toyota Century Hybrid 5.0 A/T



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *