Kapasitas Oli Mesin Hyundai Stargazer

Diposting pada


Hyundai Stargazer butuh oli mesin encer, kapasitas oli mesin Hyundai Stargazer sebesar 4 liter dengan viskositas SAE yang dibutuhkan mesin adalah oli 0W-20. GIIAS 2022 yang berlangsung pada tanggal 11–21 Agustus, memamerkan sebanyak 25 mobil Hyundai. Salah satunya adalah Hyundai Stargazer yang menjadi bintang MPV karena cocok dijadikan mobil keluarga.

Hyundai Stargazer melakukan penggantian oli mesin setiap 15.000 kilometer atau 6 bulan dengan kapasitas oli mesin Hyundai Stargazer sebesar 4 liter berikut dengan filter oli.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Daihatsu Rocky 1.2

Kapasitas Oli Mesin Hyundai Stargazer

Salah satu keunggulan Stargazer adalah memiliki fitur-fitur istimewa seperti Hyundai SmartSense dan Bluelink. Lalu jok baris keduanya, tersedia dalam opsi captain seat. Kelebihan Stargazer juga ada di performa mesin dengan torsi 144 Nm dan tenaga 115 PS. Dengan kapasitas oli mesin Hyundai Stargazer sebesar 4 liter. Harga, mobil ini berada pada rentang Rp 243,3 juta hingga Rp 308,1 juta (OTR Jakarta).

Dengan berbagai keunggulan tersebut, wajar kalau Stargazer langsung masuk daftar 6 besar mobil terlaris di Indonesia. Angka penjulannya selama Agustus 2022 tembus 3.955 unit.

Sekilas Tampilan Dari Stargazer

Mobil ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm. Berdasar data, Stargazer memang tidak sepanjang Mitsubishi Xpander (4.595 mm) dan Toyota Veloz (4.475 mm). LMPV Hyundai ini juga tidak setinggi kompetitor, Xpander (1.750 mm) dan Veloz 1.700 mm). Walau demikian, Stargazer unggul dalam hal lebar. Bandingkan saja dengan Xpander dan Veloz yang lebarnya sama-sama 1.750 mm.

Sementara untuk ukuran roda, Hyundai Stargazer tidak terlalu besar dengan 205/55 R16 untuk varian Prime, Trend, dan Style. Bahkan varian paling rendah atau Active masih pakai velg 15 inci.

Padahal Xpander dan Veloz sudah pakai velg 16 inci untuk varian rendah. Sementara varian tertingginya pakai 205/55 R17. Kekurangan roda kecil di Stargazer adalah menjadikan ground clearance juga cukup rendah yaitu 195 mm.

Dengan ground clearance Hyundai Stargazer yang rendah, tentu membuat membuat pengemudi kurang percaya diri saat melewati jalan bergelombang. Terlebih kompetitornya seperti Toyota Veloz punya ground clearance lebih tinggi yaitu 205 mm dan Mitsubishi Xpander 225 mm.

Pada eksterior utamanya bagian paras terlihat sangat mirip dengan Hyundai Staria. Desain paling ikonik terlihat pada penggunaan lampu Horizontal DRL yang membentang dari kanan ke kiri. Kemudian di belakang, Hyundai Stargazer juga tidak kalah futuristik. Ada Distinctive H Rear Lamp. Hanya saja ukuran lampunya menurut kami terlalu besar, alhasil jadi tampak sangat berbeda dibanding mobil MPV sejenisnya.

Hyundai Stargazer Andalkan Dual Injector

Mesin bensin 4-silinder 1.500 cc yang tim Cintamobil.com maksud tersebut berkode Smartstream Gamma II. Sekadar informasi, Indonesia jadi negara pertama yang punya unit berbahan bakar bensin ini di Asia Tenggara. Bakal mesin Hyundai Stargazer ini dilengkapi dengan teknologi katup variabel dual CVVT serta double injector. Kelebihan dari penerapan dual injector adalah lebih efisien, karena proses pengabutan jadi semakin sempurna dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Misalnya untuk menyelakan mesin akan lebih mudah dengan double injector, juga untuk kebutuhan idle sampai berjalan santai, mesin cukup pakai single injector. Tapi kalo sudah putaran mesin menengah atau hendak berakselerasi spontan, baru dual injector bekerja optimal. Kelebihan yang utama dari adanya mekanisme double injector ini lebih ke proses pengabutan bahan bakar yang lebih baik dari single injector. Dengan menerapkan teknologi ini jelas mesin ini punya keunggulan lebih.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Toyota All New Corolla Altis 1.8 Hybrid AT

Spesifikasi Hyundai Stargazer

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi merilis produk Multi Purpose Vehicle (MPV) terbarunya, yakni Hyundai STARGAZER. Mobil ini mampu mencatat sebanyak 3.619 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sekaligus menjadi Favorite Car: Passenger Car MPV. Hyundai STARGAZER merupakan mobil MPV yang dirancang khusus untuk keluarga Indonesia. Hyundai STARGAZER didesain khusus sebagai tolak ukur baru di kelasnya dan menjadi produk yang ikonis khas Hyundai yang inovatif dan futuristik.

Eksterior Hyundai STARGAZER

Hyundai STARGAZER hadir dalam empat varian, yakni Active sebagai varian termurah, Trend, Style, dan Prime sebagai varian termahal. Mobil ini memiliki desain yang futuristik begitu Anda melihatnya pertama kali berkat konsep one curve design. Mobil ini dilengkapi dengan Horizon type DRL (Daytime Running Lights) dan H-shape LED Rear Combination Lamp.

Untuk dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jika dibandingkan dengan kompetitor, Hyundai STARGAZER kalah dari sisi tinggi dan panjang, tetapi lebar mobil lebih unggul daripada Xpander dan Veloz. Mitsubishi Xpander memiliki panjang 4.595 mm dan Toyota Veloz memiliki panjang 4.475, sedangkan Xpander memiliki tinggi 1.750 mm dan Veloz 1.700 mm.

Mobil ini menggunakan velg berukuran 205/55 R16 untuk varian Prime, Trend, dan Style, sedangkan varian Active menggunakan velg 15 inci. Dari sisi ground clearance, Hyundai STARGAZER cukup rendah dibandingkan dengan kompetitor, yakni 195 mm. Namun demikian, mobil ini masih terasa aman dikendarai saat melewati jalanan berlubang.

Interior Hyundai STARGAZER

Saat memasuki bagian interior dari Hyundai STARGAZER, kesan lapang dan canggih langsung bisa Anda rasakan. Bagaimana tidak? HMID menyematkan tipologi sleek-one-box untuk mengoptimalkan ruang kabin dan fitur canggih yang didesain khusus untuk kebutuhan gaya hidup keluarga modern Indonesia.

Dashboard mobil ini memiliki desain garis memanjang dan minimalis yang membuat ruang lebih lapang. Pengemudi disuguhkan dengan cluster meterfull TFT 4,2 inci yang bisa di-customized. Layar ini menampilkan berbagai instrumen, seperti sisa bahan bakar, kecepatan mobil, jarak tempuh, dan tekanan angin ban. Mobil ini dirancang untuk segmen keluarga Indonesia sehingga memiliki kapasitas 6 hingga 7 penumpang.

Fitur Hyundai STARGAZER

HMID memang tak tanggung-tanggung dalam menyematkan fitur-fitur pada Hyundai STARGAZER. Mobil MPV ini memiliki fitur wireless charger, Hyundai SmartSense, dan Bluelink. Fitur SmartSense secara aktif akan mencegah risiko kecelakaan mobil. Sementara Bluelink mampu mengintegrasikan smartphone Anda dengan mobil dan juga terhubung dengan call center Hyundai 7 x 24 jam yang akan memberikan Anda bantuan saat terjadi kondisi darurat.

Untuk fitur hiburan, STARGAZER dilengkapi dengan head unit layar sentuh 8 inci dengan Bluetooth dan konektivitas Smartphone serta audio 4 speaker. Sementara dari sisi fitur keselamatan, mobil ini dibekali dengan Electronic Stability Control, Hill-Start Assist Control, dan Tire Pressure Monitoring System pada varian Style.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lengkap, maka pilihlah mobil Hyundai STARGAZER varian Prime. Untuk varian ini kelengkapannya sama seperti varian Style, ditambah dengan jok kulit, ambient mood lighting, opsi Captain Seat, dan opsi Two-tone. Ada juga fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) serta Hyundai SmartSense yang terdiri dari Forward Collision-Avoidance Assist, (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Performa Mesin Hyundai STARGAZER

Berbicara mengenai performa, Hyundai STARGAZER bisa dikatakan lebih unggul daripada kompetitor. Mobil ini menggendong mesin yang sama dengan Hyundai Creta berkapasitas 1.497 cc MPI 16-Valve dengan konfigurasi 4-silinder. Dengan jantung pacu tersebut, mesin STARGAZER mampu menghasilkan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi maksimal 144 Nm pada 4.500 rpm.

Dalam tes akselerasi, STARGAZER hanya butuh waktu 12,3 detik untuk mencapai 0-100 km/jam. Mobil ini juga mampu menanjak sempurna saat membawa tujuh penumpang dengan bobot total 600 kilogram-an.

Konsumsi BBM Hyundai Stargazer

Konsumsi BBM Stargazer juga cukup baik, dari hasil uji irit yang dilakukan di dalam kota bisa mendapatkan 15,8 Km/liter. Sementara untuk di jalan tol hasilnya 17,8 Km/liter. Catatan ini termasuk cukup baik untuk MPV dengan mesin 1.500 cc. Lalu untuk tangki bahan bakar Stargazer, maksimal bisa menampung bensin hingga 40 liter.

Kapasitas tangki ini lebih kecil dibanding Toyota Veloz (43 liter) dan Mitsubishi Xpander (45 liter). Hal tersebut juga termasuk salah satu kekurangan Hyundai Stargazer.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Outlander PHEV

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Stargazer

Kelebihan STARGAZER
  • Secara keseluruhan, eksterior STARGAZER memiliki desain yang modern dan futuristik. Berkat teknologi DRL pada lampu mobil, perjalanan Anda pada malam hari atau cuaca berkabut akan terbantu karena pencahayaan yang cukup terang.

  • Mobil memiliki kabin yang luas. Head room dan leg room STARGAZER terbilang luas dan nyaman. Joknya pun dibalut dengan bahan memory foam sehingga kenyamanan akan dijamin.

  • Mobil dilengkapi dengan cruise control sehingga pengemudi bisa mengatur kecepatan mobil secara konstan.

  • Dibekali dengan fitur canggih, salah satunya adalah Bluelink yang dilengkapi dengan tombol SOS Emergency Assistance, Roadside Assistance, Auto Collision Notification, Stolen Vehicle Notification, Stolen Vehicle Tracking dan Immobilization.

Kekurangan STARGAZER
  • Salah satu kekurangan dari Hyundai STARGAZER adalah visibilitas yang kurang baik sehingga cukup mengganggu khususnya pada postur dengan tinggi di bawah 170 cm.

  • Tidak seperti kompetitor New Xpander yang sudah dilengkapi dengan Electric Parking Brake, Hyundai STARGAZER masih menggunakan rem tangan manual.

  • Mobil ini sudah dilengkapi dengan banyaknya fitur canggih, tetapi belum dilengkapi dengan kamera 360 derajat sehingga perlu perhatian ekstra saat berkendara di gang sempit atau parkir mundur.

Harga Hyundai STARGAZER
  • Hyundai Stargazer Active MT: Rp 243,3 juta (OTR Jakarta)

  • Hyundai Stargazer Active IVT: Rp255,9 juta (OTR Jakarta)

  • Hyundai Stargazer Trend MT: Rp 263,3 juta (OTR Jakarta)

  • Hyundai Stargazer Trend IVT: Rp 275,9 juta (OTR Jakarta)

  • Hyundai Stargazer Style IVT: Rp 296,3 juta (OTR Jakarta)

  • Hyundai Stargazer Prime IVT: Rp 307,1 juta (OTR Jakarta)

Baca juga: 6 Daftar Harga Hyundai Stargazer Oktober 2022

Fitur Menarik Dari Hyundai Stargazer

Memiliki Seat Back Table

Hyundai Stargazer memberikan berbagai macam fitur yang dapat memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga. Salah satunya adalah adanya seat back table yang membantu kamu untuk beraktivitas menggunakan laptop atau makan di dalam mobil.

Terdapat Wireless Smartphone Charger

Selain itu, mobil keluarga ini juga dilengkapi dengan wireless smartphone charger sehingga Toppers tak perlu takut kehabisan daya ponsel. Cukup letakkan smartphone kamu pada tempat yang disediakan, dan tunggu hingga daya baterai penuh.

Dilengkapi TFT Color LCD Cluster dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Hyundai Stargazer juga memiliki 4.2’’ TFT Color LCD Cluster atau Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang membuat interior mobil ini terlihat elegan dan mewah. Adapun 8’’ display audio dengan smartphone connectivity.

Teknologi Hyundai SmartSense dan BlueLink

Tak cukup sampai situ, Hyundai Stargazer dilengkapi dengan teknologi terbarunya seperti Hyundai SmartSense dan BlueLink. Hyundai SmartSense merupakan sistem keamanan aktif yang terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RRCA).

Baca juga: Fitur Hyundai Ioniq Electric Apa Saja?



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *