Kapasitas Oli Mesin Honda HR-V Turbo

Diposting pada


PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis Honda HR-V Turbo, dengan kapasitas oli mesin pada Honda HR-V Turbo adalah 3,4 liter tanpa penggantian filter oli. Jika mengganti bersama filter oli maka dibutuhkan oli sebesar 3,8 liter. Untuk pertama kalinya di Indonesia, Honda HR-V dibekali mesin dengan teknologi turbocharger.

Honda HR-V Turbo

Mesin mesin 4-silinder 1.500 cc VTEC dengan turbocharger bisa menghasilkan tenaga 177 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm/1.700-4.500 rpm. Mesin tersebut disematkan di Honda HR-V 1.5L Turbo RS yang dijual dengan harga Rp 499,9 juta.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Hyundai Stargazer

Kapasitas Oli Mesin Honda HR-V Turbo

All new Honda HR-V akhirnya diluncurkan PT Honda Prospect Motor dengan empat varian. Diantaranya 1.5L S CVT, 1.5L E CVT, 1.5L SE CVT, dan 1.5L Turbo RS.All New HR-V 1.5L Turbo RS menjadi varian paling tinggi dan spesial karena menggunakan mesin turbo yang bertenaga. Kapasitas oli mesin pada Honda HR-V Turbo sebesar3,4 liter tanpa filter oli dan 3,8 liter dengan filter oli. HR-V Turbo diperkenalkan di Indonesia pada saat yang tepat, dimana segmen medium SUV mulai tumbuh karena didorong konsumen generasi baru yang lebih muda.

Saat ini konsumen menginginkan model SUV yang lebih compact, stylish, canggih namun tetap bertenaga untuk mendukung gaya hidup mereka yang dinamis. HR-V terbaru menampilkan perubahan desain total dengan garis-garis tajam yang membuatnya lebih stylish dan sporty dari generasi sebelumnya.

Pada sisi depan, All New HR-V tampil agresif dan sporty dengan desain grille depan baru yang terintegrasi dengan Full LED Headlight with Sequential LED Turning Signal dan juga dilengkapi dengan LED Fog Light. Sedangkan kesan tangguh pada All New Honda HR-V semakin kuat dengan desain baru pada pelek 18 inci yang agresif.

Dari sisi interior, All New HR-V menawarkan 4,2 inci Interactive TFT Meter yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara, seperti Honda SENSING, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar. Model ini juga dilengkapi dengan Shift Knob berbalut kulit, One Push Ignition System & Smart Entry System, Paddle Shift dan Auto A/C.

Kabin terasa lebih nyaman dengan material berkualitas di dalam kabin yang didominasi warna hitam dengan jok yang dipadukan dengan kulit serta dilengkapi Rear A/C Ventilation, Air Diffusion Outlet dengan 3 mode pengaturan udara, yaitu normal, diffusion dan closed, serta Panoramic Glass Roof.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Luxio

Kelebihan Mesin Honda HR-V Turbo

Honda HR-V dengan mesin Turbo merupakan unit pertama di dunia yang dipasarkan di Indonesia oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Dengan mengusung teknologi VTEC, mesin Honda HR-V Turbo RS tersebut berkapasitas mesin 1.500 cc. Sanggup memuntahkan tenaga sebesar 177 PS pada 6.000 RPM dan torsi 2.400 Nm pada 4.500 RPM.

Pengendara bisa memilih mode tersebut dengan menyesuaikan mesin Honda HR-V Turbo sesuai kebutuhannya. Bila pilih sport, maka performa maksimal akan keluar, alias cukup injak gas sedikit saja, mobil langsung melesat. Sementara Econ, kebalikannya untuk mendapat efisiensi bahan bakar terbaik.

Jika mau menambah rasa berkendara sporty, perpindahan gigi juga bisa dilakukan lewat paddle shift. Dengan begitu, sensasi ala mobil balap mampu diraih. All New Honda HR-V Turbo RS sendiri dipasarkan dengan harga Rp 499,9 juta. Paling mahal di antara jajaran HR-V lainnya. Dengan harga segitu, mobil bertampang futuristik ini juga dibekali dengan banyak fitur baru seperti Honda Sensing.

Di mana di dalam Honda Sensing ada berbagai fitur modern seperti Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN), sampai, Hands-Free Power Tailgate + Walk-Away Close, airbags 6 titik, serta 7 inci Interactive TFT Meter Cluster.

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo juga dilengkapi dengan 4 Speakers & 2 Tweeters, yang bisa dinikmati melalui 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio yang terintegrasi dengan Bluetooth, Radio AM/FM, Hands-Free Telephone, WebLink dan Smartphone Connection.

Selain itu All New Honda HR-V juga tersedia dalam pilihan 6 warna yang menarik, seperti Sand Khaki Pearl (warna baru), Red Metallic (khusus tipe RS) dan Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, serta Platinum White Pearl.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Toyota Century Hybrid 5.0 A/T

Mengenal Honda HR-V

Honda HR-V bisa menjadi pilihan mobil SUV keluarga yang cukup kompak untuk perjalanan perkotaan. Posisinya berada di bawah Honda CR-V dengan selisih harga yang tak terlalu besar. Harga Honda HR-V 2020 dimulai dari Rp301 jutaan untuk model entry level 1.5L S. Jarak harga dengan varian tertinggi Honda HR-V 1.8L Prestige cukup tinggi, yaitu dimulai dari Rp420 jutaan.

Mengingat dimensinya yang lebih kompak dibandingkan CR-V, Honda HR-V masuk ke pasar SUV crossover kompak. Dirakit di pabrik PT Honda Prospect Motor di Sunter, Jakarta Utara, Honda HR-V yang berada dalam kategori SUV Segmen B ini pertama kali diperkenalkan pada 24 Januari 2015 di Indonesia. Honda HR-V dipasarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin L15B 1.5L 4-silinder serta mesin R18Z9 1.8L 4-silinder dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Honda HR-V sangat populer dalam segmen pasar Low SUV atau Crossover di Indonesia berkat desainnya yang gagah dan modern, serta beragam fitur yang menarik. Bukan hanya itu, Honda HR-V ini juga populer di kalangan pecinta otomotif berkat mesinnya yang cukup irit bahan bakar dan perawatannya yang tidak terlalu merepotkan.

Eksterior Honda HR-V

Honda HR-V generasi baru memiliki desain baru yang tampak lebih maskulin dan sporty. Berkat penggunaan panel front grille dengan desain lebih lebar dan tebal, sebagai latar dari logo Honda. Garis-garis bodinya sendiri semakin mempertegas kesan SUV yang aerodinamis dan modern. Honda menyematkan lampu full LED dengan LED Light Guide, serta Fog Lamp berdesain LED Strips.

Khusus untuk varian Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition dan HR-V 1.8L Prestige. Honda menyematkan lampu Full LED Headlight dengan lampu DRL. Dilihat di bagian sampingnya, ada guratan tegas memanjang pada bagian tengah dan fender berukuran besar yang memperkuat aura maskulin yang dimiliki mobil Honda HR-V ini. Terlihat pula sebuah perubahan pada desain pelek baru yakni Two-Tone 5-Spoke berukuran 17 inci.

Perubahan juga bisa terlihat pada bagian belakang mobil ini. Bagian belakang Honda HR-V menghadirkan List krom memanjang yang terintegrasi dengan kedua lampu LED-nya sehingga terkesan lebih mewah. Pada varian Honda HR-V 1.8L Prestige sendiri terdapat panoramic sunroof, dan chrome exhaust finisher.

Interior Honda HR-V

Bagian kabin dari mobil Honda HR-V ini didominasi dengan warna hitam untuk mempertahankan kesan minimalis dan modern. Kabin dengan two-tone interior ini juga memiliki audio touchscreen 8 inci berdesain floating atau tidak menempel pada dashboard. Floating Audio touchscreen ini kompatibel dengan berbagai format media seperti AM/FM radio, MP3/WMA, iPod/iPhone, Android via port USB, AUX, Bluetooth dan Smartphone Connection.

Untuk bagian setir Honda HR-V, setir palang yang digunakan pada versi sebelumnya juga masih digunakan, Setir ini juga dipenuhi dengan tombol kontrol untuk memudahkan penggunaannya. Di sebelah kiri setirnya terdapat tombol pengaturan audio, sedangkan pada bagian kanan Honda HR-V ada pengaturan Cruise Control.

Paddle Shift juga masih digunakan pada model ini sehingga ada sedikit sentuhan Racing pada mobil ini. Lalu untuk kursi Honda HR-V dengan kenyamanan yang lebih berkat penggunaan material kulit berkualitas yang membalut kursinya. Pada kursi Honda HR-V juga terdapat fitur Back Rest dan pengaturan kursi, sehingga pengguna dapat menyesuaikan posisi duduk yang stabil dan nyaman sesuai postur tubuh masing-masing. Mobil ini bisa mengangkut hingga 5 orang.

Kita beralih ke bagian bagasi. Kapasitas bagasi Honda HR-V ini masih sama dengan versi sebelumnya, tetapi tentu sangat bisa diandalkan karena memiliki daya tampung yang cukup besar. Kursi di barisan belakangnya juga bisa dilipat jika kita membutuhkan kapasitas bagasi yang lebih banyak.

Fitur Lengkap Honda HR-V

Fitur keselamatan Honda HR-V bisa dibilang cukup lengkap, meskipun tidak selengkap yang dimiliki versi Thailand dan Malaysia. Honda HR-V memiliki Dual SRS Airbag untuk semua varian dan 6 Airbag untuk varian Prestige. Ada pula fitur Electronic Parking Brake yang efektif membantu pengereman saat parkir dan juga Auto Brake Hold yang mampu menahan rem dengan maksimal saat berhenti atau macet di jalanan menanjak atau turunan.

Honda HR-V sendiri didesain dengan rangka G-CON + ACE TM dengan Side Impact Beam yang mampu meredam benturan saat terjadi tabrakan yang tidak bisa dihindari. Fitur keselamatan lainnya juga disematkan. Misalnya saja Brake Override System yang akan mengutamakan pengereman saat pedal gas dan rem diinjak secara bersamaan secara tidak sengaja.

Ada pula fitur Emergency Stop Signal (ESS) yang akan menyalakan lampu hazard yang otomatis berkedip sebagai peringatan kendaraan yang ada di belakang mobil. Jika terjadi pengereman mendadak ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Fitur Hill Start Assist yang disematkan juga memungkinkan mobil memiliki akselerasi yang baik saat melintas di jalan menanjak. Honda HR-V juga mendapatkan fitur Motion Adaptive EPS dan VSA untuk mengurangi oversteer dan understeer saat bermanuver. Fitur ini terintegrasi dengan EPS atau Electronic Power Steering.

Semua tipe Honda HR-V juga dibekali dengan pengereman ABS, EBD, dan BA. Selain itu, disematkan pula fitur alarm system, kunci immobilizer, smart key (tipe 1.5 E dan 1.8L Prestige), dan wave key dan keyless entry (tipe 1.5L S).

Untuk fitur hiburannya, Honda HR-V memiliki display Audio berupa sistem audio video touchscreen 8 inci. Desain floating yang mampu memutar berbagai format musik seperti AM/FM Radio,hingga smartphone connection. Tidak hanya itu, fitur canggih lainnya juga ikut disematkan, seperti multi angle rear view camera hingga tilt. Telescopic steering dengan roda kemudi yang bisa diatur sesuai kenyamanan.

Mesin Honda HR-V

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda HR-V memiliki pilihan mesin 1,5 liter dan mesin 1,8 liter. Performanya yang mengesankan dan mampu melewati berbagai jenis medan juga membuat mobil ini disebut-sebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Sistem transmisinya sendiri tersedia dalam dua pilihan, yaitu transmisi manual enam percepatan atau transmisi CVT dengan Earth Dream Technology.

Teknologi ini dinilai dapat menghasilkan perpindahan gigi yang halus dan performa mesin yang lebih maksimal, tetapi tetap hemat bahan bakar. Honda HR-V mengandalkan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam yang membuat mobil tetap stabil. Selain itu, mobil Honda HR-V juga dibekali dengan fitur Eco Assist TM yang memberikan informasi penghematan bahan bakar.

Perlu diketahui bahwa konsumsi bahan bakar mobil Honda HR-V ini juga cukup irit. Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bahan bakar Honda HR-V adalah 8,5 km/liter. Sedangkan untuk penggunaan di jalan tol, konsumsi bahan bakarnya adalah 16,6 km/liter.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Camry 2.5 Hybrid



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *