Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R

Diposting pada


Honda Civic Type R menggunkan mesin 2.0 liter VTEC Turbo dengan kapasitas oli mesin sebesar 4 liter. Spesifikasi secara mendetail tentunya membuat mobil ini dapat memberikan performa super luar biasa. Kapasitas oli mesin Honda Civic Type R  tentunya harus selalu dipastikan karena saat melalukan pergantian oli tan pa filter maka mobil hanya membutuhkan oli sebesar 3,6 liter saja.

Mengenai harga Honda Civic Type R, dengan mempertimbangkan spesifikasi dan desain yang diusungnya, pastinya harga mobil ini akan cukup mahal.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Karimun Wagon

Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R

Honda Civic Type R ditawarkan dengan 2 varian, yaitu tipe Standar dan GT. Dengan adanya varian lain, kapasitas oli mesin Honda Civic Type R tetap menggunakan volume oli mesin yang sama. Kedua varian dari mobil tersebut akan dibanderol pada kisaran $30.000 atau setara dengan Rp 400 jutaan. Meski mahal, Honda Civic Type R memiliki spesifikasi yang cukup sepadan dan terbayarkan.

Eksterior Civic Type R

Honda Civic Type R 2023 masih setia menggunakan basis mobil Civic generasi 11, meski begitu secara desain banyak berubah. Misal pada spesifikasi eksterior, Honda Civic Type R 2023 terbaru memiliki desain dan aerodinamika yang lebih baik. Hal itu terlihat dari tongkrongan mobil yang lebih lebar dan rendah.

Pemasangan bumper depan baru dan grille bawah yang besar memaksimalkan asupan udara yang lebih baik ke sektor mesin. Detail desain lain yang membantu memaksimalkan aerodinamis termasuk ventilasi aperture besar di belakang roda depan. Ada pula diffuser belakang baru yang lebih besar yang terintegrasi langsung ke bawah lantai.

Pada kaki-kaki Honda Civic Type R menggunakan pelek hitam matte berukuran 19 inci, dibungkus ban Michelin Pilot Sport 4S yang lebih lebar 0,7 inci dari model generasi terakhir.

Sistem pengereman Brembo juga ditingkatkan untuk untuk rasa berkendara lebih baik dan umur panjang. Mobil baru ini memiliki fitur kontrol suhu dan pendinginan udara yang ditingkatkan melalui radiator yang ditingkatkan, memastikan kinerja optimal yang berkelanjutan selama penggunaan berat.

Saluran gas buang juga enggak mau kalah. Desain triple-knalpot baru dengan modulasi suara yang disempurnakan meningkatkan sensasi aural, semakin memperkuat koneksi pengemudi dengan mobil.

Honda Civic Type R ditawarkan dalam pilihan warna Championship White (eksklusif Tipe R), Rallye Red, Boost Blue, Crystal Black Pearl, dan Sonic Grey Pearl.

Interior Civic Type R

Selesai mengulas pada bagian eskteriornya, kini waktunya kita untuk menilik sektor interior di dalam ruang kabin dari spesifikasi Honda Civic Type R. Di sektor interiornya ini, tampaknya kesan sporty masih berlanjut. Bahkan, ruang kabin pada hot hatch garapan Honda ini juga terbilang cukup lega sehingga akan lebih banyak memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada para penumpangnya.

Kecanggihan fiturnya pun juga tampak begitu nyata. Dimana pada bagian dashboard tengah Honda Civic Type R ini telah disematkan fitur Honda Connect Infotainment System dengan layar LCD touch screen. Layar yang cukup luas untuk menunjang hiburan, seperti mendengarkan musik dari MP3 maupun radio.

AC dengan automatic climate control serta cruise control dengan speed limiter turut disematkan pada bagian dashboard depan. Bahkan, fitur i-MID terkait performa Honda Civic Type R  tertata rapi pada bagian dashboard di posisi pengemudi, seperti G-meter, tekanan rem atau akselerator, boost pressure, temperatur air, temperatur oli dan tekanan oli, lap time serta acceleration time (0-100 km/jam, 0-100 m atau 0-402 m).

Sehingga, pengemudinya pun akan lebih mudah dalam mengetahui atau pun memahami kondisi Honda Civic Type R yang sedang ditungganginya tersebut. Bahkan, setir pada yang terbalut lapisan kulit pun dilengkapi dengan beragam tombol yang sudah terintegrasi dengan bagian sistem navigasi pada infotainment pun siap memudahkan pengemudi dalam mengontrol fitur-fitur tanpa mengganggu pandangan yang fokus ke depan ketika berkendara.

Di sisi lain, aura kemewahan dan rasa nyaman pada Honda Civic Type R ketika dalam perjalanan pun akan kian terasa berkat kehadiran jok sport berbahan suede hitam dan fabric merah dengan jahitan elegan berwarna merah sehingga akan membuat setiap penumpang merasa nyaman ketika duduk pada jok tersebut.

Tentu, dengan segala kemewahan dan kelengkapan fitur pada bagian interior dari spesifikasi Honda Civic Type R tersebut maka tak heran jika harganya akan dibanderol cukup tinggi.

Dimensi Civic Type R

Pada bagian dimensi dari spesifikasi Honda Civic Type R pun juga turut berpengaruh pada bentuk bodi eksterior dan ruang kabin interiornya. Sebab, dimensi merupakan ukuran pembentuk bodi dari mobil besutan Honda ini. Bahkan, dimensi pun juga berpengaruh pada luas dari ruang kabin. Namun, sayangnya untuk ukuran dimensi pada Honda Civic Type R ini masih belum diketahui secara pasti mengingat belum ada konfirmasi dari pihak Honda terkait berapa ukuran dimensi tersebut.

Ukuran dimensi yang akan diusung hot hatch besutan pabrik asal Negeri Sakura ini memiliki ukuran yang cukup pas dan kuat. Hal tersebut tentu bisa dilihat dari bentuk bodi eksterior Honda Civic Type R yang cukup besar dan dari sisi interiornya yang terbilang cukup luas dan lega. Di sisi lain, selain memiliki dimensi yang pas dengan sasis dan cangkang yang lebih kokoh namun ringan.

Honda juga akan membekali hot hatch besutannya ini dengan mengusung kaki-kaki yang cukup kokoh. Keberadaan kaki-kaki ini pun akan menyokong bobot dari dimensi yang diusung Honda Civic Type R ini. Oleh karena itu, Honda akan membekali kaki-kakinya dengan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan tipe Independent Multi Link untuk suspensi di bagian belakang.

Nah, dengan keberadaan suspensi tersebut maka berkendara pun akan semakin nyaman dengan Honda Civic Type R ini meski harus melewati medan jalan berlubang dan terjal. Tak hanya itu saja, velg Alloy bergaya racing dengan ukuran diameter 20 inci pun juga turut tampil begitu sporty dengan balutan ban berkualitas tinggi dengan ukuran 245/30.

Kemudian, untuk mencegah terjadinya kecelakaan rem bertipe Brembo performa tinggi dengan 4 piston dan berdiameter 13.8 inci juga dibekalkan pada spesifikasi Honda Civic Type R ini yang siap memberikan kualitas pengereman yang begitu handal di kelasnya.

Fitur Civic Type R

Bicara soal fitur secara keseluruhan, Honda Civic Type R memang disebut memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan dengan varian yang lainnya. Hal ini karena Honda ingin berfokus pada performanya sebagai mobil sport mewah. Honda Civic Type R dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Cruise Control, Tweeter speaker, audio steering switch, dan MID.

Tetapi jika kita bicara soal fitur keselamatan dan keamanan, Honda Civic Type R memiliki fitur yang sangat lengkap. Sebagai fitur keselamatan aktifnya, Honda Civic Type R dilengkapi dengan Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor parkir, Rearview Camera, Lane Watch, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Assist.

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya, Honda Civic Type R dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Child Safety Locks, dan Adjustable Seatbelts. Tidak hanya itu, untuk menjamin keamanan mobil, Honda Civic Type R ini juga dilengkapi dengan Alarm System dan Engine Immobilizer.

Mesin Civic Type R

Kini sampailah kita pada ulasan mengenai sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda Civic Type R. Menginjak pada segmen ini, tampaknya bidang permesinan ini akan berbekal mesin canggih dengan bekalan teknologi super canggih. Mesin Honda Civic Type R ini berkapasitas 2.0 liter dengan sokongan teknologi VTEC Turbo Earth Dreams Technology.

Meskipun memiliki mesin berkapasitas besar, membuat mesin menjadi lebih lembut dan halus namun tetap bertenaga dahsyat. Sebab, mesin yang dibenamkan pada Honda Civic Type R ini diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 320 Ps pada putaran ke 6.500 rpm dan mampu mencapai titik torsi hingga 400 Nm pada putaran ke 2.500 rpm.

Mobil ini memiliki fitur penunjang mesin yang cukup canggih dan fungsional, seperti adanya fitur drive mode yang terdiri mode Comfort. Mode Sport or + R bagi yang suka berkendara dengan kecepatan super tinggi. Honda Civic Type R ini juga terdapat fitur adaptive damper system yang bisa diintegrasikan ke dalam empat buah roda mobil yang juga didukung oleh mode +R.

Dengan demikian, mobil ini memang dibekali komponen mesin pacu handal dan kokoh dengan hasil tenaga yang super dahsyat. Tak heran dengan spesifikasi Honda Civic Type R yang mumpuni tersebut nantinya harga mobil ini akan dibanderol dengan mahal.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Suzuki Ignis dan New Ignis

Tips Memilih Oli Mesin Mobil

Saat Kamu memiliki mobil baru, pasti kamu mendapatkan buku manualnya. Dari buku manual tersebut kamu bisa mengetahui seluruh infomasi tentang mobil. Melalui buku manual tersebut, Kamu juga bisa mengetahui oli mobil yang tepat dan sesuai rekomendasi dari pabrik. Setelah mengetahui spesifikasi mesin dan mobil, Kamu bisa tahu oli mobil yang tepat. Perlu kamu ingat, oli mobil yang tepat adalah oli yang cocok dengan mesin dan juga memiliki kualitas yang baik.

Kekentalan oli mobil perlu Kamu ketahui, karena setiap mesin mobil memiliki spesifikasi yang berbeda. Kekentalan oli ditunjukkan melalui nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Biasanya oli mobil yang memiliki konsentrasi lebih kental ditunjukkan dengan angka yang semakin besar di belakan kode SAEnya. Sebagai contoh, jika Kamu menemukan oli dengan kode SAE 20W-50 lebih kental dibandingkan dengan oli berkode SAE 10W-40.

Saat ini memang banyak oli mobil yang beredar di pasaran, tapi bahan yang digunakannya pun berbeda-beda. Untuk itu, perlu diketahui jenis bahan yang sering dipakai untuk pembuatan oli mobil. Ada dua jenis bahan yang dipakai pembuatannya, bahan yang pertama adalah bahan sintetis yang dibuat dari bahan kimia. Kemudian, bahan yang kedua adalah bahan dari minyak bumi.

Hati-hati dengan oli mobil palsu ini, karena saat ini banyak sekali dijual di pasaran. Jangan mudah tergiur karena oli mobil palsu dijual dengan harga yang lebih murah namun kualitas yang diberikan kurang baik. Untuk mengetahui ciri-cirinya, cukup mudah. Biasanya oli mobil palsu berwarna agak lebih gelap dan memiliki bau yang tengik.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Jimny



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *