Kapasitas Oli Mesin C-HR

Diposting pada


Kapasitas oli mesin Toyota C-HR adalah 4,2 liter dengan filter oli dan 4 liter tanpa filter oli, dibekali mesin Petrol 1.798 cc bertenaga 141 PS dengan torsi mencapai 171 Kgm. Mobil ini sudah menggunakan teknologi VVT-i dengan DOHC 4 silinder in-line 16 katup. Sementara kapasitas tangkinya mampu menampung hingga 50 liter bensin dengan sistem Fuel Injection.

Toyota CHR memiliki panjang 4.360 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.565 mm dengan jarak poros roda 2.640 mm. Mobil dengan lima kursi penumpang ini memiliki satu pilihan transmisi saja yaitu transmisi otomatis CVT 7-percepatan. Pada kaki-kakinya didukung velg alloy radial tipe 215/60 berukuran 17 inci.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Land Cruiser

Kapasitas Oli Mesin C-HR

Pasar otomotif Indonesia semakin ramai dan ketat dengan dihadirkannya salah satu SUV premium garapan pabrik asal Jepang, yaitu Toyota C-HR yang menawarkan desain modern yang begitu futuristik dan sporty. Dengan kapasitas oli mesin C-HR sebesar 4 liter dengan mesin seri 2ZR-FBE 1.8 liter (1.798 cc) dengan 4 silinder DOHC with VVT-I.

Perlu diketahui bahwa mobil ini memang dihadirkan sebagai SUV mewah yang memiliki bentuk atau gaya desain sporty dan modern pada bodinya. pada sektor interior Toyota C-HR ini pun juga memiliki kabin luas dan beberapa fitur canggih di dalamnya. Tentu, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang menyukai SUV mewah berdesain sporty yang sangat kuat.

Pada dapur pacunya pun juga akan ditawarkan mesin handal 1.8 liter bertransmisi CVT 7 percepatan yang berpengaruh pada performa dan tentunya juga pada harga Toyota C-HR mengingat diklaim cukup mampu memberikan tenaga maksimal dan powerfull di kelasnya.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Alphard

Keunggulan Toyota C-HR

Desain Toyota CHR yang Unik

Tampilan eksteriornya tergolong unik, merupakan konsep desain gabungan antara SUV Compact dan Coupe. Proporsi ukurannya pas karena tidak terlalu besar untuk mobil sekelas SUV, namun tetap terlihat tangguh. Lekukan bodi mobil terinspirasi dari berlian, sehingga menampilkan kesan agresif. Memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi dan fender yang lebih berotot menambah kesan sporty mobil ini. Dengan desain yang menarik dan gagah, Toyota C-HR sangat ramah digunakan untuk menyusuri jalanan perkotaan.

Fitur Keselamatan yang Lengkap

Selain desain, Toyota CHR memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang canggih, seperti tersedianya 7-Airbags untuk melindungi para penumpangnya dari cedera parah ketika terjadi kecelakaan. Lalu, terdapat empat rem cakram dengan dukungan Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya slip saat melakukan pengereman.

Selain itu, ada pula Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control, dan Hill Start Assist (HSA) sebagai fitur pelengkap keamanan untuk mencegah slip dan kecelakaan saat di perjalanan. Tersemat juga Blind Spot Monitor dan Rear View Monitor System untuk memudahkan Anda dalam berkendara.

Mesin Irit

Kemudian, keunggulan yang ketiga adalah performa mesin bertenaga dan lebih irit. Berbekal mesin 2ZR-FBE kapasitas 1,8 liter berteknologi VVT-i, Toyota C-HR mampu mengeluarkan tenaga 141 PS per 6.400 RPM dengan torsi 171 Kgm per 4.000 RPM. Dengan spesifikasi mesin tersebut, mobil bertransmisi CVT ini dapat melalui berbagai jenis medan, mulai dari jalanan bebas hambatan, macet, menanjak, hingga berkelok. Baik di jalan perkotaan maupun pedesaan.

Terdapat pula mode berkendara yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, yaitu Sport Mode dan Eco Mode. Dengan begitu, Anda akan merasakan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Platform Toyota New Global Architecture

Mobil ini diciptakan berdasarkan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) yang memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Seperti, bodi mobil yang diperkuat dengan alumunium untuk meningkatkan kegagahan tanpa menambah bobot. Selain itu, terdapat suspensi belakang Double Wishbone yang dianggap fleksibel dan dapat menunjang kenyamanan ketika berkendara.

Pantulannya terasa halus dan lembut tanpa mengganggu para penumpang di dalam kabin mobil. Dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), Anda bisa berkendara dengan dinamis. Tentunya lebih nyaman ketika di perjalanan jauh sekalipun.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Rush

Toyota C-HR

Toyota C-HR bisa dibilang paket lengkap yang datang ke Indonesia dengan pilihan mesin bertenaga hybrid. Meski desain luarnya bisa dibilang bukan selera semua orang. Harga Toyota C-HR berbeda tergantung mesin yang digunakan. Seperti Toyota C-HR 1.8L CVT yang dibanderol mulai dari Rp511 jutaan. Sedangkan edisi hybrid Toyota C-HR Hybrid 1.8L ditawarkan dengan harga mulai dari Rp546 jutaan.

Toyota C-HR 2020 merupakan SUV crossover kompak yang dikembangkan pertama kali pada 2013. Dipimpin oleh Kepala Teknik Toyota, Hiroyuki Koba, nama C-HR sendiri merupakan kependekan dari Compact High Rider, atau kendaraan tinggi berdimensi kompak. Toyota menggabungkan utilitas SUV dengan tampilan seksi milik coupe dengan desain atap yang lebih landai dibandingkan SUV kompak lainnya.

Tak ketinggalan platform Toyota New Global Architecture) memberikan berbagai teknologi terbaru dari pabrikan asal Jepang tersebut. Toyota C-HR debut pertama kali pada Paris Motor Show 2014. Versi konsep Toyota C-HR pernah dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Setelah edisi produksi tampil di GIIAS 2018, Toyota mulai memasarkan SUV baru ini di Indonesia pada 2018.

Kehadiran Toyota C-HR pada awalnya merupakan jawaban Toyota terhadap meningkatkan pasar SUV crossover di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dan Toyota C-HR dengan desain yang berbeda dibandingkan model SUV lain di Tanah Air. Edisi facelift Toyota C-HR sudah diluncurkan di Eropa, Australia, dan Amerika Utara pada 1 Oktober 2019. Dengan mesin hybrid baru, ada ubahan eksterior termasuk warna baru. Fitur standar yang ditambahkan beruba sistem Android Auto.

Di Indonesia, setelah Toyota C-HR 2019 bermesin bensin mulai dipasarkan, disusul Toyota C-HR bermesin hybrid yang dibawa PT Toyota Astra Motor (TAM) pada bulan April 2019.

Eksterior Toyata C-HR

Tampilan luar Toyota C-HR 2020 memang berbeda dengan SUV kebanyakan. Bahkan bisa dibilang bahwan Toyota C-HR bukanlah selera setiap orang. Desain luarnya hampir terasa seperti Nissan Juke yang mendobrak estetika desain SUV pada umumnya.

Apalagi ketika melihat tampilan depan Toyota C-HR yang cukup berbeda dengan grille yang tipis dan terletak di bawah dan serta fasia depan yang terasa seperti menggembung. Lampu depan menyipit terasa terhubung dengan logo Toyota terletak pada bagian tengahnya.

Berbeda dengan SUV lainnya, desain grille bergaya honeycomb terletak pada bagian bawah Toyota C-HR, sedikit di atas bumper. Diapit oleh lampu kabut dengan tampilan yang bulat tersemat di atas bumper bawah. Di samping, ada sedikit lekukan bergaya sporty beraksen hitam.

Desain unik juga terasa pada tampilan samping Toyota C-HR dengan siluet yang cukup berbeda. Layaknya mobil bergaya futuristik, pilar A melengkung hingga pilar C di belakang tidak terlalu tinggi. Menyisakan sedikit jendela pada pintu belakang yang memotong fender belakang.

Tampilan jendela sangat berbeda dengan SUV lain. Lebih mengedepankan estetika dan aerodinamika guna meningkatkan efisiensi berkendara. Mengingat mobil Toyota C-HR juga mendapatkan tenaga hybrid, sehingga aerodinamika menjadi poin penting dalam efisiensi mobil ini.

Toyota C-HR tak ketinggalan mendapatkan spoiler belakang dengan shark fin antenna dengan atap yang melandai. Lampu belakang bergaya unik dengan tampilan seperti huruf ‘C’. Bukaan pintu belakang memang tak begitu lebar, cukup menyulitkan ketika membawa barang beukuran besar.

Interior Toyata C-HR

Melihat pada sisi interior dari SUV mewah besutan Toyota ini, Anda akan disuguhkan kabin luas dan suasana interior yang begitu elegan yang kian tampak pada setiap sisi dari interiornya. Untuk memberikan nuansa baru, produsen otomotif asal Negeri Sakura ini pun telah melengkapi bagian ruang kabin ini dengan aksen warna Black & Licorice Brown yang begitu elegan pada beberapa bagian, yang semakin membuat Toyota C-HR menjadi mobil SUV premium berkelas. Sementara itu, desain dashboard pun dibuat lebih futuristik dengan aksen Diamond pada kisi-kisi A/C dan material Soft Touch.

Selain itu, pada lini dashboard yang diusung SUV buatan Toyota ini pun juga akan dilengkapi dengan multimedia yang berupa head unit dengan layar sentuh seluas 7 inci yang akan dilengkapi dengan pengaturan Bluetooth, AUX, USB, FM/AM, CD, MP3, Mirrorlink / Miracast, Weblink. Bahkan, pada sektor dashboard ini juga sudah dilengkapi dengan panel khusus yang bisa dijadikan untuk menghubungkan antara perangkat smartphone si pengguna dalam konteks memutar daftar lagu favorit.

Di sisi lain, kemudahan pun juga diberikan oleh Toyota C-HR pada stir kemudinya di mana untuk memudahkan pengendara dalam melakukan pergantian lagu ataupun menjangkau panel yang ada di bagian layar, Toyota memberikan paketan tombol lengkap di bagian kemudi. Seperti Audio Steering Switch with Phone Mode. Sehingga, pengemudi pun tetap bisa fokus dalam mengendarai SUV ini.

Menariknya, salah satu paketan tombol pada setir kemudinya yaitu fitur Driving Mode yang telah terintegrasi dengan layar MID yang mana terdiri dari mode Sport, Normal, atau Eco. Ketiga pilihan mode berkendara tersebut bisa dipilih pengemudi sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu, pada bagian layar MID yang dibawanya, mobil gagah ini akan mengusung High Tech MID with Animation yang siap menampilkan kondisi mobil kepada pengemudi saat dikendarai.

Mesin Toyota C-HR

Hanya ada satu model Toyota C-HR yang dipasarkan di Indonesia. Perbedaannya hanya terdapat pada warna badan. Sehingga mesin dan fitur di dalam mobil Toyota C-HR memiliki kesamaan. Yaitu dilengkapi dengan mesin berkode 2ZR-FBE 1.8L berteknologi DIHC dan VVT-i. Mesin yang ditawarkan cukup bertenaga.

Dengan keluaran tenaga maksimal hingga 141 PS pada putaran 6.400 rpm dan torsi puncak hingga 170 Nm pada putaran 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi 7-percepatan CVT. Namun Importir Umum pernah memasarkan Toyota C-HR dengan mesin 8.NR-FTS 1.2T dan penggerak semua roda. Sedangkan versi resmi yang ditawarkan mendapatkan tiga mode berkendara; Eco, Normal, dan Sport.

Ada pula mesin 2ZR-FXE 1.8L bertenaga maksimal 100 PS ditambah motor listrik bertenaga 36 PS digunakan bagi Toyota C-HR Hybrid. Toyota menyebutkan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien 62% dibandingkan Toyota C-HR biasa. Kehadiran platform TNGA milik Toyota sangat membantu menghadirkan rasa dan kualitas berkendara yang ditawarkan olehToyota C-HR.

Performa

Handling yang cukup baik ditambah sensasi di belakang kemudi memberikan kesan fun-to-drive bagi mobil Toyota C-HR. Mesin yang responsif serta perpindahan transmisi yang mulus meningkatkan rasa berkendara Toyota C-HR. Tarikannya terasa bertenaga meskipun pada putaran bawah. Dipadukan teknologi Electric Power Steering (EPS) juga membantu dengan kemudi yang enteng.

Kemudi berlapis kulit terasa nyaman digenggam. Respons yang diberikan cukup baik. Ditambah dengan penggunaan suspensi double wishbone yang jarang ditemui pada kelas SUV serupa, memberikan kenyamanan di dalam Toyota C-HR bagi pengemudi maupun penumpang. Pengemudi mendapatkan posisi duduk yang cukup rendah dan dekat dengan tanah.

Akan tetap kap yang besar cukup menyulitkan dalam hal visibilitas. Begitu pula dengan blind spot yang cukup terasa mengingat bodi Toyota C-HR yang bisa dibilang cukup bongsor untuk SUV kompak. Performa yang ditawarkan masih terasa bertenaga. Meski ada berbagai model SUV lainnya yang memiliki keluaran tenaga yang lebih besar. Namun untuk pengendaraan di jalanan mendatar dan kondisi stop-and-go di jalanan perkotaan, Toyota C-HR terasa baik dikemudikan.

Konsumsi Bahan bakar Toyota C-HR

Mengenai efisiensi bahan bakar, Toyota C-HR memang lebih boros dibandingkan versi hybrid yang tertolong oleh motor listrik. Tapi untuk urusan kapasitas bahan bakar, Toyota C-HR bisa dibilang masih berterima sebagai SUV perkotaan. Untuk catatan resmi, Toyota belum mengungkapkan catatan resmi konsumsi bbm Toyota C-HR.

Beberapa pengeresan yang dilakukan di Australia dan Amerika Serikat menyimpulkan efisiensi bbm Toyota C-HR tercatat dalam rentang 11-12 km/L untuk pengendaraan di dalam kota dan 13-14 km/L di jalanan luar kota. Catatan tersebut cukup impresif mengingat bobot mobil Toyota C-HR bisa hampir mencapai 1.5 ton. Tapi untuk penggunaan sehari-hari di jalanan perkotaan, Toyota C-HR cukup baik. Apalagi ditambah dengan mesin yang bertenaga dan pengendalian yang mengesankan.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Sienta



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *