Kapasitas Oli Mesin All New Terios

Diposting pada


Kapasitas oli mesin All New Terios saat ganti oli hanya membutuhkan oli mesin sebesar 2,7 liter tanpa filter oli. Namun, jika anda juga perlu mengganti filter oli, maka kapasitas oli mesin All New Terios yang dibutuhkan sebesar 3 liter. Daihatsu All New Terios juga menggunakan basis mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc.

All New Terios

Mesin tersebut memiliki 4 silinder dan 16 katup dengan teknologi DOHC dan dual VVT-i. Tentu saja, di atas kertas, performanya tidak berbeda. Daya maksimumnya tembus di 104 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 139 Nm di 4.200 rpm.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin All New Xenia

Kapasitas Oli Mesin All New Terios

Kapasitas oli mesin All New Terios sebesar 2,7 liter. Akan tetapi bila melakukan penggantian filter olu mobil maka kapaitas dari oli yang bisa ditanggung oleh mesin Daihatsu Terios mencapai 3 liter. Yang perlu diperhatikan adalah ketika mengisi oli mesin. Jadi ketika melakukan pengisian secara berlebihan bisa menjadi penyebab terjadi masalah. Adapun salah satu akibatnya adalah beban mobil jadi tambah berat.

Hal tersebut disebabkan yang bekerja melumasi komponen kendaraan lebih banyak. Bahaya selanjutnya adalah performa malah menurun dan mesin jadi cepat panas. Untuk yang terakhir adalah bisa menjadikan kebocoran pada bagian mesin karena ruang untuk menampung oli tidak cukup karena olinya berlebihan.

Daihatsu Genuine Oil

Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan yang mempunyai tugas melakukan pelumasan terhadap komponen yang saling bergesekan. Bahkan terdapat fungsi lain yang dapat membuat kinerja mesin mobil jadi maksimal. Peranan oli pada kendaraan sangatlah penting karena berhubungan dengan performa mesin dan kenyamanan berkendara bisa didapatkan, termasuk bagi Anda pengguna mobil Daihatsu.

Daihatsu Genuine Oil merupakan hasil dari kerjasama antara pihak PT Pertamina Lubricants dengan Daihatsu. Produksi oli yang dilakukan tidak sembarangan karena disesuaikan dengan standar kualitas dari pabrik Daihatsu. Selain itu, pengujian juga dilakukan secara global  sehingga dapat memberikan kepercayaan terhadap masyarakat terkait oli Daihatsu genuine Oil yaitu DGO 10W-40 dan DGO 5W030.

Di pasar otomotif Indonesia juga sudah beredar oli yang sudah dikenal oleh Sahabat Daihatsu dan terpercaya. Untuk beberapa contoh oli mobil Daihatsu adalah Daihatsu Genuine Oil 0W-20 dan juga Automatic Transmission Fluid (ATF). Selain itu ada juga Manual Transmission Fluid dan Differential Gear Oil.

Jenis oli mobil Daihatsu Genuine Oil

Oli Daihatsu 5w-30

Kedua jenis oli dalam pembahasan ini terdapat keunggulan sendiri-sendiri secara spesifik. Untuk oli jenis DGO 5W-30 yang menggunakan spesifikasi API SN/GF-5 dapat memberikan perlindungan terhadap mesin supaya tetap dalam keadaan prima. Selain itu, oli jenis tersebut juha bisa memberikan dukungan terhadap akselerasi kendaraan dan bahan bakar yang lebih hemat.

Mobil Daihatsu yang bisa memanfaatkan oli jenis ini adalah yang menggunakan mesin berjenis NR dan KR seperti mobil Daihatsu Sigra, All New Terios, Ayla dan Grand New Xenia.

Oli Daihatsu 10W-40

Pada oli jenis DGO 10W-40 yang menggunakan spesifikasi API SN adalah pelumas jenis sintetis. Dimana oli tersebut bisa memberikan perlindungan terhadap mesin dengan maksimal meskipun lalu lintas sedang dalam kondisi berat. Adapun mobil Daihatsu yang bisa menggunakan oli jenis ini adalah mobil dengan mesin 3S, K3 dan EJ meliputi Daihatsu Sirion, Gran Max, Terios dan Xenia.

Sedikit membahas tentang oli sintetis. Dimana keunggulan yang dimiliki bisa membuat mesin tetap terjaga sehingga selalu dalam keadaan prima. Saat lalu lintas padat mesin terlindung, tarikan jadi lebih responsif dan bahan bakar bisa lebih hemat. Berkat beberapa manfaat tersebut membuat mesin jadi mudah dirawat, hemat bbm, responsif dan juga awet.

Ditambah lagi jika mobil Daihatsu memakai secara teratur Daihatsu Genuine Oil maka kinerja mesin tetap terjaga dengan baik. Hal tersebut bisa didapatkan meskipun dalam kondisi stop and go ataupun ketika melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Ayla

All New Terios

Daihatsu All New Terios sering mendapat sebutan sebagai Toyota New Rush versi terjangkau. Posisinya seperti Daihatsu Xenia terhadap Toyota Avanza.

Spesifikasi Daihatsu All New Terios juga menggunakan basis mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc. Mesin tersebut memiliki 4 silinder dan 16 katup dengan teknologi DOHC dan dual VVT-i. Tentu saja, di atas kertas, performanya tidak berbeda. Daya maksimumnya tembus di 104 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 139 Nm di 4.200 rpm.

Performa

Seperti slogannya, more fuel efficient and environmentally friendly, pengembangan Daihatsu Terios tampak lebih mengarah ke efisiensi. Ini membuat performanya di bidang akselerasi dan kecepatan tidak begitu menonjol. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi berhenti, LSUV ini membutuhkan 14,9 detik. Sedikit lebih lambat dari Rush yang butuh 14,4 detik.

Meski demikian, keunggulannya di bidang efisiensi jelas tak bisa dipungkiri. Dengan kapasitas penumpang penuh 7 orang, hasil pengujian menunjukkan konsumsi BBM All New Terios mencapai 12-13 km/liter. Padahal itu melewati banyak jalan macet. Di sisi lain, pada penggunaan luar kota dengan kecepatan stabil di 90-100 km/jam, konsumsi bahan bakar mencapai 16 km/liter.

Salah satu kuncinya adalah fitur ECO-idle yang mampu mematikan mesin saat sedang dalam posisi berhenti karena macet. Selanjutnya fitur ini langsung menyalakan mesin saat akan jalan kembali.

Dimensi

Secara dimensi, Terios tergolong lumayan besar untuk kategori Low SUV. Jika Anda bandingkan, hampir tak ada bedanya dengan dimensi Toyota Rush. Dimensi PxLxT-nya ada di 4.435 x 1.695 x 1.705 mm. Sedangkan jarak wheelbase-nya ada di 2.685 mm. Dengan ground clearance = 220 mm, SUV ini tergolong tinggi dan aman untuk menjelajah berbagai medan.

Eksterior

All New Terios memiliki desain body yang baru. Bentuknya sendiri memang tampak lebih aerodinamis, mekanisme buka-tutup bagasinya pun jadi ke atas. Serta yang terpenting, sudah tidak ada lagi ban serep dengan model konde. Mobil ini tampak lebih elegan dengan sentuhan grill dan lampu kabut kromnya.

Pencahayaan juga jauh lebih baik dengan LED headlamp serta LED positioning lamp yang desainnya pipih, seolah-olah menyatu dengan grill. Daihatsu Terios hadir dengan kesan tangguh khas SUV berkat adanya aksen hitam pada area side skirt dan fender.

Terdapat dua pilihan pelek, yaitu 16 inch gunmetal untuk varian X serta 17 inch black polished untuk varian R. Mobil ini tidak lagi memiliki ban serep model konde maupun yang menempel di bagian bagasinya, jadi terlihat lebih modern dan bersih.

Interior

Interior Daihatsu All New Terios semakin lapang berkat tren pemindahan ban cadangan ke bawah. Jadi, meski berisikan 7 penumpang, tak ada sensasi pengap yang tidak nyaman. Nuansa interior terasa sporty dengan sentuhan two tone pada dasbor dan pintu. Sementara itu, pengemudi makin merasa nyaman dengan tilt steering, desain jok ergonomis dan head unit 7” yang multifungsi.

Selain itu, ada pula fitur keyfree yang mengunci dan membuka otomatis berdasarkan jarak. Sedangkan bagi penumpang, ada fasilitas charger di setiap baris untuk pengisian energi perangkat Anda.

Fitur Keamanan

Sebagai kelas Low SUV, Daihatsu All New Terios tentu sudah menyematkan fitur keamanan mobil standar masa kini. Contohnya seperti: ABS+EBD, Hill Assist, dan Vehicle Stability Control. Sayangnya, SUV ini belum menyematkan fitur Daihatsu Advanced Safety Assist. Begitu juga jumlah airbag New Terios hanya ada 2. Ini yang menjadikan harganya lebih murah dari Toyota Rush.

Meski demikian, All New Terios sudah memiliki fitur immobilizer + alarm built in, remote key, dan Emergency Stop Signal.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Hyundai Stargazer

Cara Mengganti Oli Terios

  1. Tempatkan mobil di tempat yang permukaannya rata. Jika mesin mobil dalam kondisi dingin terlebih dahulu panaskan sekitar 3-4 menit. Atau jika mesin mobil dalam keadaan panas, istirahatkan dan dinginkan dulu sejenak.
  2. Siapkan peralatan berupa kunci ring atau kunci sok ukuran 14′, wadah penampung oli bekas ukuran sekitar 3-4 liter dan kain lap. Siapkan juga oli mesin yang baru, pada kasus kali ini aku menggunakan oli mesin produk Pertamina Fastron Gold SAE 5W-30 API-Service SN. Daihatsu Terios dianjurkan menggunakan oli mesin dengan spesifikasi SAE 5W-30 atau 10W-30 dengan API-Service SL atau yang lebih baik.
  3. Lalu lepaskan baut penguras oli mesin dengan menggunakan kunci ring atau kunci sok ukuran 14′ (lihat tanda panah). Jangan lupa tempatkan wadah penampung oli bekas tepat di bawah lubang penguras oli mesin.
  4. Sementara menunggu oli mesin keluar, buka kap ruang mesin, lalu lepaskan tutup lubang pengisian oli mesin, cukup gunakan tangan untuk melepasnya dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam.
  5. Lalu bersihkan dan periksa kondisi tutup oli mesin beserta karet seal-nya, begitu pula dengan kondisi baut penguras oli mesin. Ganti dengan yang baru apabila kondisinya sudah tidak layak pakai
  6. Kemudian tuang oli mesin yang baru melalui lubang pengisian oli mesin (lihat tanda panah). Volume oli mesin yang dibutuhkan adalah sekitar 2,7 liter jika tanpa mengganti filter oli mesin. Dan apabila dilakukan penggantian filter oli mesin diperlukan oli mesin sekitar 3 liter.
  7. Pada dipstik ada tanda batas bawah (L/Low) dan batas atas (F/Full). Nah, volume oli mesin yang aman adalah berada di antara kedua tanda tersebut, biasanya berada di bawah sedikit tanda batas atas (F/Full).
  8. Kemudian tutup kembali lubang pengisian oli mesin (lihat tanda panah). Lalu catat angka yang tertera pada odometer dan waktu penggantian oli mesin sebagai acuan untuk jadwal penggantian oli mesin berikutnya.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda Civic Type R

Rekomendasi Merk Oli Untuk All New Terios

1. Repsol Elite Neo 5W – 30

Dengan bahan full synthetic, oli Repsol Elite Neo ini sangat cocok untuk mobil All New Terios. Memiliki teknologi 3E (Excellent Engine Efficiency), oli ini mampu memberikan perlindungan luar biasa pada mesin dan sekaligus melawan deposit karbon di temperatur tinggi. Dengan tingkat kekentalan yang sesuai untuk mobil Terios anda, oli mobil Terios ini dapat membantu mobil anda menghemat bahan bakar hingga 2,6%.

2. Shell Helix HX6 10W – 30

Shell Helix HX6 10w-30 memiliki 2 jenis tingkat kekentalan. Pertama 10W – 40 yang cocok untuk mobil Terios lama, kemudian 5W – 30 yang cocok untuk Terios keluaran terbaru. Untuk Shell Helix Astra 10W – 40 masih menggunakan bahan semi-synthetic, sedangkan Shell Helix Astra 5W – 30 sudah menggunakan bahan full synthethic.

Perlu anda ketahui bahwa oli yang tersedia di Indonesia pada umumnya terdiri dari 4 jenis. Mineral, Semi-Synthetic, Full Syinthetic, dan juga Poly Alpha Olefin (PAO). Oli berbahan mineral biasanya ditujukan untuk mobil lama, kemudian oli berbahan semi-synthetic hingga PAO biasanya ditujukan untuk mobil baru. Secara kualitas PAO adalah bahan oli terbaik, di bawahnya ada oli full synthetic, oli semi-synthetic, lalu di urutan terakhir ada oli mineral.

Jika mobil Terios anda keluaran terbaru, maka Shell Helix 5W – 30 bisa menjadi pilihan karena sudah menggunakan bahan full synthetic. Sedangkan jika mobil Terios anda keluaran lama, maka 10W – 30 bisa menjadi pilihan anda.

3. Castrol Magnatec

Oli Castrol Magnatec dilengkapi dengan molekul yang mampu membentuk lapisan pelindung mesin. Dengan teknologi maka resiko aus pada mesin bisa turun hingga 50%. Oli Castrol Magnatec memiliki beberapa jenis kekentalan sesuai dengan kebutuhan spesifikasi mesin mobil anda. Di antaranya adalah Castrol Magnated 10W-40, Castrol Magnatec Diesel 10W-30, dan juga Castrol Magnatec Stop-Start (5W – 30).

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin New Baleno



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *