Grand Vitara Terbaru

Diposting pada


Suzuki Grand Vitara terbaru sangat ditunggu tunggu kehadirannya, karena sejarahnya mobil ini cukup banyak memiliki penggemar dikalangan menengah kebawah. Suzuki Vitara Brezza terbau adalah salah satu model mobil compact SUV pabrikan Suzuki. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada awal Januari 2016 dan mobil ini sukses menjadi gebrakan tersendiri dari Suzuki untuk pasar mobil SUV.

Suzuki Grand Vitara

Suzuki Vitara Brezza terbaru diketahui telah dikembangkan dan dirakit secara khusus oleh Maruti Suzuki di India. Mobil Suzuki menawarkan empat varian berbeda dari Suzuki Vitara Brezza yang bisa dipilih para konsumennya. Keempat varian tersebut antara lain Suzuki Vitara Brezza LDI, Suzuki Vitara Brezza VDI, Suzuki Vitara Brezza ZDI, serta Suzuki Vitara Brezza ZDI Dual Tone.

Kita mungkin sudah pernah mendengar tentang salah satu model lain dari Suzuki yang disebut dengan nama Suzuki Grand Vitara. Mobil yang sudah dijual lebih dulu di Indonesia ini berbeda dengan Suzuki Vitara Brezza. Perbedaan yang paling signifikan dari kedua model mobil ini bisa kita lihat dari bentuk bodinya.

Suzuki Vitara Brezza terbaru memang dibekali dengan bodi yang lebih kompak dibandingkan dengan Suzuki Grand Vitara. Suzuki Vitara Brezza akan menjadi pesaing dari Honda HR-V jika mobil rakitan India yang satu ini dirilis di Indonesia.

Baca juga: Sejarah Mobil Murah Daihatsu Ayla Bagaimana?

Grand Vitara Terbaru dan Sejarahnya

Grand Vitara Terbaru

Suzuki Vitara Brezza digadang-gadang akan segera masuk ke Indonesia. Sebelumnya, Suzuki Indonesia sudah pernah memasarkan generasi pendahulunya, Suzuki Vitara, pertama kali pada 1992. Suzuki Vitara Brezza cukup populer di pasar otomotif nasional, karena tak hanya desainnya yang atraktif, tapi kenyamanan yang ditawarkan juga cukup baik di kelasnya.

Tapi,  Suzuki Vitara Brezza   hanya dipasarkan satu generasi saja. Selanjutnya, Suzuki mengganti namanya menjadi Suzuki Escudo, Suzuki Sidekick, dan Suzuki Grand Escudo. Suzuki Vitara Brezza pertama kali diperkenalkan pada 13th Auto Expo pada 2016 lalu. Konsepnya pertama kali muncul pada 2012. Brezza juga jadi mobil Suzuki pertama yang didesain sepenuhnya di India.

SUV Suzuki Vitara Brezza diperkirakan akan dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 132 jutaan hingga Rp 187 jutaan. Di Indonesia, mobil ini akan bersaing dengan rival sekelasnya, seperti Honda HR-V, Chevrolet Trax, dan lainnya.

Eksterior Suzuki Vitara Brezza

Suzuki Vitara Brezza memiliki desain eksterior yang atraktif dan terlihat sporty dan tangguh. Tampilan depannya terlihat gagah dan penuh dengan instrumen. Desain lampu depannya dibuat tidak terlalu besar, tidak seperti rival-rivalnya. Sudah disematkan juga Daytime Running Lights (DRL) pada lampu depannya yang sudah menggunakan model proyektor.

Desain grille cukup unik dengan terbagi dua, atas dan bawah. Grille atas terlihat elegan dengan lapisan chrome, sementara grille bawah tampak sporty dengan aksen silver doff. Pada sisi kiri dan kanan bumper juga sudah dilengkapi lampu kabut dengan bingkai berwarna hitam. Pada sisi samping, Suzuki Vitara Brezza terlihat lebih sporty dengan side skirt berwarna hitam.

Aksen hitam ini juga mengelilingi bagian bawah mobil. Tak hanya pada bagian bawah saja, di bagian pilar dan bingkai kaca juga diberikan aksen hitam. Jadi, mobil ini memiliki dua warna yang membuatnya terlihat lebih sporty. Di bagian belakang, Suzuki Vitara Brezza juga memiliki aksen chrome untuk membuatnya tetap terlihat elegan.

Sedangkan pada bagian tengah bumper, terdapat mud guard yang diberikan warna silver doff. Suzuki Vitara Brezza masuk ke dalam kelas subcompact crossover SUV. Mobil ini dibangun dengan menggunakan platform terbaru Suzuki Heartect. Platform yang sama digunakan oleh Suzuki Swift, Suzuki Ertiga, Suzuki Baleno, dan Suzuki Ignis.

Interior Suzuki Vitara Brezza

Suzuki Vitara Brezza memiliki ruang kabin yang cukup luas. Desain interior yang diusung juga modern dan tetap menonjolkan kesan sporty, meskipun material yang digunakan pada beberapa bagian terlihat kurang berkualitas. Dasbornya dilengkapi dengan layar sentuh yang siap menemani dalam perjalanan. Sistem hiburan pada Suzuki Vitara Brezza juga dapat dikoneksikan dengan smartphone.

Tata letak kursi yang ergonomis membuat suasana kabin jadi terasa lapang. Kursinya didesain lebih sporty dengan pegangan kursi yang kasar (rugged grab handles). Tempat duduk pada baris kedua Suzuki Vitara Brezza juga cukup lega. Selain itu, keunggulan lainnya adalah ruang bagasi yang cukup luas dengan kapasitasnya mencapai 328 liter. Bagasinya mampu menampung barang-barang yang berukuran besar.

Fitur Suzuki Vitara Brezza

Suzuki Vitara Brezza dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan, fitur kenyamana, dan fitur hiburan yang lebih lengkap dari model pendahulunya. Untuk kenyamanan saat berkendara, mobil ini sudah dilengkapi dengan cruise control. Lalu, untuk fitur keselamatannya,  Suzuki Vitara Brezza sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Selain itu, Suzuki Vitara Brezza juga telah dilengkapi dengan dual airbags pada bagian depan dan teknologi Side Impact Beam untuk meminimalisir dampak benturan saat terjadi kecelakaan. Untuk fitur hiburan Suzuki Vitara Brezza, pengemudi dan penumpang akan dimanjakan oleh head unit layar sentuh yang bisa digunakan untuk memutar audio dengan fitur audio SmartPlay, hingaa Apple CarPlay.

Head unitnya ini juga bisa terkoneksi dengan ponsel kita dan menerima telepon serta SMS. Sistem navigasi juga tidak lupa disematkan pada subcompact crossover SUV ini.

Mesin dan Performa

Suzuki Vitara Brezza dibekali dengan mesin 1.5L NA. Untuk mesin yang memiliki kode K15B ini memiliki kapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis 4 percepatan. Pada mesin yang dibenamkan pada Suzuki Vitara Brezza mampu menghasillkan tenaga maksimum hingga 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm.

Sementara torsi maksimumnya, dapat mencapai 138 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Suzuki Vitara Brezza memberikan kenyamanan berkendara salah satunya dengan ruang kabinnya yang lapang. Selain itu, jok model sporty yang digunakan juga memberikan kenyamanan saat di perjalanan. Belum lagi, fitur-fitur hiburan yang disematkan.

Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Vitara Brezza

Suzuki Vitara Brezza mengandalkan mesin K15B yang diklaim memiliki durabilitas yang tinggi. Selain itu, mesin ini juga terbukti efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Mesinnya sudah menganut teknologi Bharat Stage 6 (BS6) yang diklaim memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 17 km/liter.

Baca juga: Performa Suzuki Baleno Hatchback dan Fitur Lain

Sejarah Awal Grand Vitara

Salah satu SUV legendaris yang pernah hadir di Indonesia adalah Suzuki Vitara. Nama Vitara sendiri hanya dipakai satu generasi lantaran Suzuki kemudian memakai nama Escudo, Sidekick, dan Grand Escudo untuk SUV generasi berikutnya. Baru pada tahun 2006, Suzuki memboyong Grand Vitara 2.000 cc untuk pasar Indonesia.

Sebelum membahas Suzuki Grand Vitara, ada baiknya kembali mundur ke belakang untuk melihat sejarah Suzuki Vitara yang pertama kali debut pada tahun 1988 di Jepang. Empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1992, mobil ini masuk ke Indonesia. Kehadiran Suzuki Vitara di Indonesia cukup menjadi perhatian masyarakat, salah satu alasannya karena Vitara punya desain menarik dan kenyamanan saat dikendarai.

Di zaman itu, bisa dibilang Vitara adalah satu-satunya SUV yang menggunakan per keong, sedangkan yang lain masih memakai per daun. Tak lupa pada generasi awal ini, sempat hadir juga Vitara 4×4 dan beberapa model yang menggunakan sistem pengabutan injeksi. Seperti disebutkan di atas, nama Vitara sendiri hanya dipakai satu generasi lantaran Suzuki kemudian memakai nama Escudo, Sidekick, dan Grand Escudo untuk SUV generasi berikutnya. Baru pada tahun 2006, Suzuki memboyong Grand Vitara 2.000 cc untuk pasar Indonesia.

Satu hal yang mencirikan ia membawa DNA Vitara lawas adalah letak ban cadangan yang diposisikan di bagian tengah pintu belakang. Dibanding Vitara generasi lawas maupun Grand Escudo. Kabinnya cukup nyaman ditempati 5 penumpang, terlebih tak adanya bangku baris ketiga sehingga daya tampung bagasi bisa lebih banyak.

Pada generasi ini hanya ada dua varian yang ditawarkan oleh Suzuki, JX dan JLX dengan transmisi manual dan otomatis. Meski begitu, citra tangguh tetap ditunjukkan dengan sistem penggerak roda belakang (RWD) dan suspensi independen di keempat roda.

Fitur Terbaru Grand Vitara

Tahun 2009, Suzuki menyegarkan Grand Vitara dengan diperkenalkannya mesin 2.400 cc 4-silinder. Berkode J24B, mesin ini punya tenaga yang lebih menjanjikan ketimbang versi 2.000 cc. Tenaganya mencapai 166 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm.

SUV Suzuki ini terasa lebih mewah dan bertenaga berkat dikenalkannya mesin baru, fitur-fitur terkini, hingga nuansa lapisan kulit di sekujur interiornya. Suzuki kembali melakukan facelift kepada Grand Vitara di tahun 2012, strategi yang dipilih kali ini mengubah tampilan eksteriornya. Paling kentara desain lampu depan dengan bezel-nya yang dicat hitam, cara ini memberi kesan sorot mata tajam dan juga mengekspos bentuk proyektor lampu.

Jika dibandingkan dengan beberapa SUV di kelasnya, Grand Vitara terbilang minim teknologi dan fitur canggih. Grand Vitara akhirnya berhenti dipasarkan di Indonesia pada 2018 karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak lagi mengimpor SUV ini ke Indonesia.

Baca juga: Sejarah Lengkap Mobil Listrik Hingga 1990

Kemungkinan Spesifikasi Suzuki Grand Vitara Terbaru 2023

DUA PILIHAN MESIN HYBRID

Maruti Suzuki India, SUV ini memiliki dua pilihan mesin. Keduanya hybrid namun berbeda sistem, yang satu smart hybrid kaya All New Ertiga Hybrid di sini, yang mengandalkan kinerja aki dan baterai sebagai power bank dan bertugas untuk mem-boosted akselerasi serta mematikan mesin saat rem diinjak beberapa lama.

Pilihan kedua merupakan Full Hybrid bernama Intelligent Electric Hybrid yang secara singkat kinerjanya sama kaya hybrid-nya Toyota Corolla Cross hybrid maupun Camry Hybrid. Yaitu memiliki baterai dengan kapasitas lebih besar sehingga Grand Vitara mampu melaju dengan hanya mengandalkan tenaga baterai saja.

Kedua mesin tersebut sama sama memiliki mesin bensin 1500cc lads, hanya berbeda kapasitas murni, jika smart hybrid murninya 1.462cc sedangkan full hybrid lebih besar yaitu 1.490. Uniknya meski punya kapasitas murni lebih besar tapi tenaganya malah lebih kecil, ianya 103ps vs 92.4ps, begitu juga torsinya, 136,8Nm vs 122Nm.

Tapi berhubung Suzuki Grand Vitara full hybrid punya baterai khusus yang berfungsi sebagai motor listrik yang memiliki output sebesar 59kw atau 80ps maka sesuai spesifikasi, total daya yang dimiliki menjadi 115.56ps dan 141Nm.

TRANSMISI dan PENGGERAK

Ada tiga pilihan transmisi untuk Grand Vitara 2023 Suzuki ini, yaitu Manual 5 Speed, 6 speed otomatis dengan paddle shift serta e-CVT. Sayangnya tidak dijelaskan terperinci terkait transmisi otomatis CVT ini, apakah dengan paddle shift atau hanya tersedia mode sport saja. Untuk penggerak, sesuai gambar di atas diketahui ada dua model atau varian, 2 WD dengan penggerak depan alias FWD, atau 2 WD dengan AllGrip alias AWD.

AWD jika diseting pada mode AUTO maka akan otomatis bekerja saat salah satu ban terdeteksi selip atau kehilangan traksi. Ada juga mode SNOW yang akan full 4WD, SPORT dan LOCK. Dimana untuk mode LOCK justru ban belakang akan dominan bergerak atau berputar. Versi ALLGRIP hanya tersedia di transmisi manual saj. Dan infonya, varian ini juga akan ada di Indonesia.

HARGA

Meski sifatnya masih “antara”, tapi angkanya sudah disebutkan yaitu dari 300jutaan hingga 400 juta pas. Kemungkinan harga Suzuki Grand Vitara terbaru tidak akan lebih dari 400 juta. Mengingat semewah mewahnya dan selengkap lengkapnya fitur Suzuki, tetap saja mindset konsumen dari dulu dan sekarang, lambang S ini adalah mobil murah.

Baca juga: Suzuki Swift Hybrid Diluncurkan di Jepang



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *