Apakah Mobil Listrik Tahan Banjir dan Bagaimana Perawatannya?

Diposting pada


Teknisimobil.com – Apakah Mobil Listrik Tahan Banjir dan Bagaimana Perawatannya? – Tidak hanya di negara berkembang, bahkan di negara maju sekalipun kemungkinan orang khawatir terhadap mobil listrik masih tinggi. Salah satu yang mungkin masih banyak orang yang bertanya, apakah mobil listrik tahan banjir? Tidak ada satupun yang berani menjamin penuh bahwa mobil dapat terbebas dari masalah jika melewati banjir. Oleh karena itu, jawabannya adalah tergantung dari kondisi kendaraan dan seberapa parah banjir yang akan kita lalui dengan mobil listrik tersebut. Agar lebih jelasnya, simak penjabaran di bawah ini.

Sesuai dengan sebutannya, mobil listrik merupakan jenis kendaraan yang menggunakan sumber tenaga yang berasal dari baterai. Baterai pada mobil listrik akan mengalirkan daya listrik yang nantinya berguna untuk menyalakan mesin dan memutar roda penggerak. Ini berarti bahwa mobil listrik benar-benar “penuh” dengan tenaga listrik. Di sini kita tidak akan menemukan ledakan bahan bakar, knalpot, atau bahkan udara masuk ke dalam mesin mobil.

Mobil Listrik Tahan Banjir

Lalu bagaimana jika mobil listrik kita gunakan untuk berkendara pada musim hujan? Apakah masih aman untuk kita kendarai?

Mobil Listrik Tahan Banjir

Pada dasarnya, para peneliti bidang kendaraan listrik telah memperhitungkan kondisi hujan atau bahkan banjir. Mereka telah dengan seksama memperhitungkan kendaraan listrik tersebut untuk mampu melewati hujan dan bahkan banjir. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir untuk berkendara dengan mobil listrik saat musim hujan dan melewati banjir.

Berikut ini beberapa keunggulan mobil listrik yang membuatnya tahan terhadap banjir.

1. Aman Saat Berkendara dalam Kondisi Hujan

Para produsen mobil listrik -apapun – tentu saja sudah memperhitungkan penggunaan kendaraan ini pada musim penghujan. Apa tandanya? Salah satunya adalah dengan melengkapi mobil dengan menggunakan pelindung pada beberapa komponen utama. Apalagi jika bukan pelindung air pada baterai terutama baterai tegangan tinggi.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik Terlaris 2022

Pada baterai tegaangan tinggi setiap mobil listrik terdapat segel khusus yang bersifat kedap terhadap terutama air maupun uap air. Hal tersebut berarti, mobil ini aman untuk kita gunakan untuk berkendara saat musim hujan. Tidak hanya aman untuk berkendara di bawah hujan, mobil juga aman saat kita melewati genangan air sekalipun.

2. Bahan yang Aman untuk Melewati Genangan Air

Mobil listrik juga pabrikan rancang dengan bahan terbaik untuk menjamin bahwa kendaraan ini aman jika kita gunakan untuk melewati genangan. Jadi kita tidak perlu khawatir mobil listrik akan mengalami korsleting jika melewati genangan ketika banjir.

Jika Anda ingat dan baca, pada beberapa tahun lalu, pemilik mobil listrik Tesla bahkan mengalami mobilnya terendam air dalam waktu beberapa jam. Tetapi setelah mobil mampu keluar dari genangan air tersebut, mobil listrik tersebut masih dapat hidup dengan normal. Justru masalahnya hanya pada sistem aksesoris kendaraan dan navigasi. Sementara itu, kendaraan – dalam hal ini baterai tegangan tinggi – masih dalam kondisi aman dan dapat berjalan dengan baik.

3. Pengisian Baterai HV Aman Meski Saat Hujan

Pengisian baterai mobil listrik sebenarnya aman meski saat hujan. Jadi jika dalam kondisi terpaksa, Anda tetap bisa ngecas mobil listrik meskipun saat turun hujan. Hal ini karena produsen telah mempertimbangkan hal tersebut dengan matang. Salah satu contohnya adalah dengan membuat kepala charger dan soket listrik kedap air sehingga pengisian daya saat hujan akan tetap aman.

Baca juga: Mobil Listrik Wuling Terlaris 2022, Masuk Top 20

Selain ketiga keunggulan di atas, masih banyak keunggulan lain yang ada pada mobil listrik. Jelas mobil listrik tidak akan mengeluarkan polusi udara, polusi suara, dan bahkan limbah oli yang merusak lingkungan. Sehingga, perubahan penggunaan mobil pembakaran internal (ICE) menjadi mobil listrik sangat menguntungkan bagi siapa saja termasuk bagi lingkungan alam.

Merawat Mobil Listrik Selama Musim Hujan

Lalu bagaimana cara kita merawat mobil listrik agar tetap aman saat musim hujan tiba? Seperti yang kita ketahui bahwa mobil listrik memang aman untuk gunakan meski berkendara saat hujan bahkan melewati kondisi banjir. Meski demikian, kita perlu memastikan kondisi kendaraan tetap prima dan optimal. Selain itu, kita juga perlu melakukan perawatan dengan baik khususnya ketika musim hujan dan setelah melewati genangan banjir.

Untuk menghadapi musim hujan dan genangan air saat banjir, saya memiliki beberapa tips untuk Anda sebagai pemilik mobil listrik. Berikut adalah tips bermanfaat untuk Anda dan mobil listrik saat musim hujan.

1. Selalu Memeriksa Daya Baterai HV

Ini adalah yang paling utama dan paling penting yakni selalu memeriksa daya baterai HV mobil listrik Anda. Saat mengendarai mobil listrik dalam kondisi hujan, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah cek daya baterai HV. Sebelum  berkendara, pastikan daya baterai mobil listrik sudah penuh sehingga Anda tidak perlu berhenti untuk melakukan pengisian ulang daya.

Baca juga: AI Akan Percepat Pengembangan Baterai Mobil Listrik

Meski pengisian saat hujan aman bagi mobil listrik, tetapi dengan ingat tidak setiap tempat terdapat pengisian daya baterai HV. Jika Anda terjebak hujan dan daya baterai HV mobil listrik Anda habis, ini akan sangat merepotkan. Oleh karena itu, memastikan jumlah daya baterai dan memperhitungkan jarak tempuh kendaraan sangat penting bagi Anda sebagai pemilik mobil listrik.

2. Periksa Selalu Kondisi Ban

Ban mungkin tidak menjadi fokus Anda bahkan jika mobil Anda menggunakan ICE. Tetapi saya berpirkir itu adalah anggapan yang salah. Baik mobil ICE maupun mobil listrik, sangat penting untuk memperhatikan kondisi ban mobil Anda.

Terlebih pada mobil listrik, usahakan untuk menghindari ban mobil yang sudah botak ketika berkendara saat musim hujan. Kemampuan cengkram ban mobil yang sudah botak cukup buruk untuk mencengkram permukaan jalan. Maka dari itu sangat berisiko jika Anda gunakan berkendara saat musim hujan karena bisa menyebabkan mobil lebih mudah tergelincir.

Baca juga: 5 Cara Klaim Asuransi Mobil Kena Banjir

Anda juga perlu memeriksa tekanan angin ban. Tekanan angin ban mobil listrik harus pas, tidak kurang dan tidak berlebih agar mobil bisa bermanuver dengan optimal. Ingat mobil listrik memiliki akselerasi awal jauh lebih tinggi daripada mobil pembakaran internal. Jika jalanan basah dan tekanan ban tidak tepat, ini akan sangat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumbang mobil listrik tersebut.

3. Perhatikan Kerja Karet Wiper

Pada saat musim hujan, wiper sangat berfungsi untuk membantu membersihkan kaca mobil dari air. Mengapa ini penting? Hal ini karena dapat membantu pengemudi bisa melihat jalanan dengan baik. Maka dari itu, sebelum berkendara, pastikan wiper dalam kondisi yang baik. Cek juga air pembersih kaca dan pastikan masih terisi penuh.

4. Cuci Segera Mobil Listrik

Setiap air hujan mengandung zat asam. Unsur kimia satu ini dapat menyebabkan korosi pada permukaan kendaraan. Maka dari itu, segera cuci mobil listrik setelah Anda berkendara ketika hujan untuk menghilangkan kotoran sekaligus sisa air hujan yang masih menempel.

Tidak seperti yang banyak orang khawatir, merawat mobil listrik tidak sesulit yang kita bayangkan. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, mobil listrik Anda akan setahan seperti mobil pembakaran internal. Oleh karena itu, untuk mendukung tercapainya kendaraan listrik secara menyeluruh, tidak perlu ragu lagi untuk mengganti atau membeli mobil listrik.



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *