5 Langkah Mudah Membersihkan IACV (Idle Air Control Valve)

Diposting pada


Teknisimobil.com – 5 Langkah Mudah Membersihkan IACV (Idle Air Control Valve) – Sering kali kita tidak menyadari bahwa katup pengontrol udara adalah tempat penumpukan karbon dan kotoran lain dengan kepadatan tinggi. Bahkan kita pun sering kali tidak peduli bahwa karbon dan kotoran tersebut dapat menghambat aliran bahan bakar dan menyebabkan mesin mobil kita bekerja tidak efektif? Sehingga jelas, adalah sebuah kewajiban bagi kita untuk membersihkan katup kecil ini secara berkala untuk mencegah suara mesin mobil menjadi kasar dan menghemat uang karena masalah efisiensi. Pada artikel ini, kita akan menunjukkan cara membersihkan IACV (Idle Air Control Valve) untuk kendaraan injeksi bahan bakar Anda. Pabrikan membuat katup ini berbeda-beda, akan tetapi secara umum proses membersihkannya sama.

Apa Itu Katup IAC?

Langkah Mudah Membersihkan IACV

Sebelum kita membahas tentang Langkah Mudah Membersihkan IACV, kita akan menjawab pertanyaan di atas terlebih dahulu. Idle air control valve (IACV) adalah bagian yang biasa terdapat pada kendaraan injeksi bahan bakar. IACV memiliki fungsi memungkinkan idle mesin mobil bekerja dengan baik, alih-alih akan mati saat mobil kita berhenti. Secara umum, katup IAC terpasang ke throttle body mesin mobil. Dan secara sederhana, IACV memiliki tujuan mengatur aliran udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran sehingga membantu menciptakan idle mesin mobil yang lebih mulus.

Read more: Cara Mengetes Katup IAC dengan AVO-Meter

IACV bertugas mengontrol jumlah udara yang masuk ke ruang bakar mesin mobil secara siklis. Caranya adalah dengan mengatur aliran udara melalui sirkuit bypass di sekitar throttle untuk menambah atau mengurangi kecepatan idle. Meningkatkan volume udara yang mengalir melalui sirkuit bypass di sekitar katup throttle meningkatkan kecepatan putaran idle.

Untuk kita ketahui bersama bahwa engine idling speed adalah kecepatan putaran mesin saat kaki pengemudi tidak menginjak pedal gas sama sekali. Saat throttle tertutup, intake manifold utama mesin mobil juga tertutup. Jadi mesin mobil memerlukan saluran bypass untuk menghindari matinya mesin mobil.

Kita tidak dapat memungkiri bahwa katup IAC adalah komponen yang sangat penting dalam mesin mobil. Masalah pada katup IAC dapat menyebabkan masalah besar pada mesin mobil. Untuk menjaga katup ini selalu bekerja dalam kondisi baik, pembersihan katup kontrol udara idle merupakan faktor kunci.

Bagaimana Cara Membersihkan IACV dengan Benar?

Waktu pemakian kendaraan yang lama, mengakibatkan katup IAC memiliki tumpukan karbon yang menyebabkan katup ini tersumbat atau kotor. Akibatnya, mesin mobil mengalami kekurangan suplai udara yang masuk ke mesin mobil. Saat kondisi tersebut, kita akan memiliki 2 pilihan: mengganti katup kontrol udara tersebut atau membersihkannya. Namun demikian, itu semua bergantung pada kondisi katup ICV untuk kita membuat keputusan dengan tepat. Namun, tahukah Anda bahwa katup IAC adalah salah satu komponen termahal yang ada di dalam sistem mesin mobil Anda?

Jadi sebenarnya, kita akan benar-benar dapat menghemat banyak uang jika membersihkan katup IAC lama daripada membeli katup baru. Lalu, jika Anda ingin melakukan proses ini sendiri, penting bagi Anda untuk memeriksa manual pemilik mobil Anda saat ingin membersihkan katup IAC. Tentu saja kita tidak ingin mengerjakan pekerjaan ini dan justru menambah buruk kondisi mobil. Oleh karena itu, ikuti petunjuk pada buku manual service mobil Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

Read more: Ayla Idle Kasar Ternyata Sensor Ini Penyebabnya!

Namun, jika Anda tidak dapat menemukan informasi yang relevan, berikut panduan langkah demi langkah tentang cara menangani sebagian besar kendaraan saat membersihkan katup IAC. Namun sebelum memulai proses, Anda perlu memastikan mesin mati dan benar-benar dingin atau Anda dapat melepaskan kabel baterai negative terlebih dahulu. Setelah itu, langkah-langkah berikut akan menuntun Anda melakukan pekerjaan ini dengan benar.

Langkah 1: Temukan posisi katup IAC

Pada dasarnya katup IAC mudah sekali untuk Anda temukan. Akan tetapi jika belum pernah sama sekali Andad melakukannya, ini akan menjadi tugas yang menantang untuk mengidentifikasi posisi yang tepat dari katup IAC. Katup IAC biasanya berada di dekat sensor posisi throttle yang terhubung di suatu tempat di sekitar throttle body. Untuk pemula, ini bisa sedikit rumit, Anda bisa mulai dengan mencari kotak filter udara kemudian Anda akan mengikuti saluran yang akan melewati sensor aliran massa dan selanjutnya ke mesin. Di sini, Anda bisa menemukan throttle body dan juga idle air valve. Pastikan Anda menemukan katup IAC yang tepat atau Anda dapat menghancurkan seluruh mesin dengan menemukan katup yang salah.

Pada gambar di atas, tampak dari atas posisi mesin sebuah mobil. Untuk yang saya beri tanda panah, di situlah letak katup IAC dan itu Bersatu dengan throttle body.

Langkah 2: Lepaskan selang pemasukan udara dan kotak filter.

Langkah kedua, gunakan obeng untuk melonggarkan dan melepas sekrup melepas kotak filter udara. Pada langkah ini, Anda juga perlu memutuskan saluran listrik yang terkait dengan sensor MAF jika kendaraan Anda mengalami masalah!

Read more: Tindakan Setelah Mengganti Sensor MAF Apa Saja?

Namun, hati-hati dengan bagian konektor pada sensor MAF. Jangan sampai putus karena kawat yang menuju harness akan terlepas. Dan itu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menanganinya dan akan lebih rumit daripada membersihkan katup udara. Pastikan Anda tidak melepas selang-selang dan kabel-kabel yang tidak benar-benar menghalangi katup IAC. Setelah melepas selang udara, Anda dapat mencapai throttle body.

Langkah 3: Lepaskan Semua Klem Pada  IACV

Pada langkah ini kita harus melepas klem-klem pada IACV. Silahkan, melepaskan semua klem yang menahan katup IAC. Lepas paking lama (tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan karena paking logam). Pada langkah ini, kita akan menemukan throttle body dan tugas Anda adalah menempatkan lubang atau saluran kecil di dalamnya.

Langkah 4: Bersihkan katup IAC

Anda dapat menggunakan sikat untuk membersihkan IACV dari karbon dan kotoran lain pada permukaan katup. Saat membersihkan bagian dalam katup, kita memerlukan deterjen khusus seperti pembersih karburator. Gunakan pembersih ini untuk membersihkan semua bagian dalam katup IAC. Semprotkan pembersih karburator ke ujung katup. Setelah IACV bersih, coba keringkan dengan udara kompresor.

Setelah kita menghilangkan semua karbon, selanjutnya kita pasang katup IACV. Jangan lupa memasng kembali semua klem, konektor-konektor kabel dan semua bagian yang sebelumnya kita lepaskan. Pastikan semua terpasang dengan baik dan benar sebelum melakukan pengujian.

Langkah 5: Uji dengan Menghidupkan Mobil

Untuk memastikan pekerjaan membersihkan katup IAC berhasil dengan baik adalah membiarkan mesin tetap hidup selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, perhatikan apakah mobil terdengar stabil saat sedang idle. Apabila masalah mesin mobil memang berasal dari kotoran dan karbon pada katup IAC, maka mobil akan kembali lancar. Namun, apabila tidak, kemungkinan ada masalah lain yang terjadi pada mobil Anda.

FAQ – Langkah Mudah Membersihkan IACV

Inilah beberapa pertanyaan umum lainnya tentang masalah IACV. Biasanya pertanyaan-pertanyaan berikut sangat terkait erat dengan langkah mudah membersihkan IACV. Dan mungkin saja beberapa pertanya berikut adalah salah satu yang sahabat teknisi mobil tanyakan juga.

Bagaimana cara menguji katup IAC?

Ada banyak cara untuk membantu kita menguji IACV seperti menyalakan mobil Anda, menguji IAC dengan multimeter, pemindai OBD, atau lampu uji voltase. Menurut kami metode mudah yang dapat Anda gunakan untuk menguji IACV adalah menyalakan mobil dan mendengarkan mesin idling. Katup yang berfungsi penuh akan berbunyi rata dan halus, dan kita tidak akan melihat adanya “semburan” suara atau kecepatan. Selain itu, kita dapat menggunakan multimeter, namun cara ini akan sedikit rumit.

Read more: 2 Cara Reset Manual ECU saat Check Engine Hidup

Anda harus mengatur unit multimeter menjadi Ohm, setelah itu, letakkan kabel merah di salah satu terminal katup IAC, dan pasang kabel hitam di terminal lainnya. Jika katup IAC berfungsi dengan benar, resistansi akan berkisar antara 7 hingga 25 Ohm, tergantung pada kendaraan. Jika nilainya di luar nilai tersebut, maka itu tanda peringatan dari katup IAC yang buruk.

Apa saja gejala katup kontrol udara idle yang buruk?

Katu IAC selain mengalami masalah karena karbon dan kotoran, juga secara sistematis mengalami kerusakan seiring waktu. Sehingga, rasanya penting untuk mengetahui gejala katup IAC saat rusak. Beberapa di antaranya adalah mengulur-ulur, akselerasi buruk, peningkatan RPM, atau lampu peringatan periksa mesin di dasbor. Apabila kita melihat salah satu dari tanda-tanda ini, kita perlu segera menguji atau memeriksa katup IAC kita untuk kesalahan.

Apa yang terjadi Jika Anda mencabut katup IAC?

Anda benar-benar dapat mencabut katup IAC dan seharusnya tidak menyebabkan kerusakan. Jika Anda melepaskannya saat mesin dalam keadaan diam. Namun, katup IAC memainkan peran penting dalam menjaga aliran udara dalam pembakaran saat diam. Jadi ada risiko saat melepas katup ini menyebabkan beberapa efek buruk.



Selengkapnya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *